Produk unggulan dari Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, diikutkan dalam pameran yang melibatkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Pameran untuk usaha mikro, kecil dan menengah itu dilaksanakan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalsel," ucap Ketua Apindo Kabupaten Tabalong Muhazir di Tanjung, Rabu.

Dikatakannya, upaya mengikuti pameran ini sebagai salah satu usaha dari Pemerintah Kabupaten Tabalong yang terus mempromosikan potensi alam serta produk unggulan ke luar daerah.

Untuk tahun ini, ada 20 UMKM asal 'Bumi Saraba Kawa' Kabupaten Tabalong, yang diikutkan dalam ajang promosi berbagai produk daerah tersebut.

"Sebanyak tiga produk unggulan Tabalong yang dipamerkan itu terdiri madu kelulut, kopi pasak bumi dan tak ketinggalan kuliner paliat," kata Muhazir.

Dirinya pun berharap produk unggulan Tabalong bisa meraih UMKM award 2020. Dengan parameter penilaian termasuk tampilan stand dan hasil penjualan selama kegiatan.
Baca juga: Produk unggulan Tabalong ikuti pameran Apindo UMKM
Dari 20 UMKM yang diikutkan pameran, ada juga terdapat aneka kerajinan anyaman dari purun, bamban, eceng gondok, olahan kayu limbah hingga berbagai camilan atau makanan ringan.

Muhazir juga menyampaikan pihaknya dalam kegiatan itu menggandeng pihak swasta, yakni PT Pamapersada Nusantara untuk mengikuti Apindo UMKM Expo 2020.

Sementara itu ada 13 UKM binaan Lembaga Pengembangan Bisnis PT Pamapersada Nusantara yang turut meramaikan pameran tahunan ini.

Pameran yang disajikan oleh PT Pamapersada Nusantara itu di antaranya kain Sasirangan Bunda Maburai, UMKM keluarga madu kelulut, gula semut dan kue kering.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020