Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengantisipasi penularan virus corona di daerah itu, dengan memperketat pengawasan di pintu kedatangan orang baik pelabuhan laut maupun udara.

"Kami mengantisipasi penularan virus tersebut apalagi Belitung saat ini banyak didatangi turis-turis dari mancanegara," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, langkah antisipatif yang dilakukan antara lain berkoordinasi dengan pihak Angkasa Pura II selaku pengelola bandara setempat serta karantina kesehatan di wilayah itu.

Pihaknya meminta agar dapat memperketat pengawasan kedatangan para Warga Negara Asing (WNA) melalui sejumlah penerbangan internasional di bandara tersebut.

Baca juga: Libur kerja dan sekolah diperpanjang, jumlah tewas corona 80

"Jadi setiap pesawat luar negeri datang akan ada pengecekan suhu tubuh bagi para penumpang jadi itu salah satu hal yang kami sudah koordinasikan," katanya.

Bupati tidak menampik sebagai daerah pariwisata Belitung ramai dikunjungi wisatawan mancanegara baik yang berasal dari China.

Baca juga: Prancis evakuasi warganya dari Wuhan

"Kalau turis China ada yang datang baik melalui Malaysia dan Jakarta. Kalau terinfeksi virus tersebut maka akan dilakukan pengambilan tindakan," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Agus Sulistiadi mengatakan pihaknya menggalakkan sosialisasi mengenai penularan virus corona di sejumlah puskesmas setempat.

"Kita sosialisasikan ke puskesmas, nanti puskesmas akan menyebarluaskan melalui beberapa saluran ke masyarakat. Jadi setiap ada kesempatan kami selalu sosialisasikan," katanya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020