Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyampaikan rasa syukur di hari jadi ke-39 Kecamatan Loksado, karena terus berbenah melaksanakan berbagai pembangunan.

Ia mengatakan, diperiode keduanya sebagai Bupati HST, bertekad semua masyarakat di Kecamatan Loksado bisa teraliri jaringan listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan ini menjadi target pihaknya.

"Saya bersyukur gotong royong warga disini sangat kuat, begitu ada pemasangan jaringan PLN, masyarakat mau bergotong royong mengangkat tiang listriknya, ini sebagai pertanda pembangunan mendapat dukungan masyarakat,” katanya, dalam sambutan, bertempat di halaman kantor kecamatan setempat, Rabu (23/1) .

Dijelaskan dia, sebagai kado hari jadi bagi Kecamatan Loksado maka di tahun 2020 ini akan dibangun lapangan futsal, anggaran sudah disiapkan oleh pemerintah dan tugas masyarakat melalui seluruh kepala desa adalah menyiapkan tanah dan lokasinya.

Baca juga: Daha Barat peringati hari jadi ke-13 kecamatan

Ada dua pilihan lokasi pembangunan yakni di Lumpangi dan Loksado, jadi ia mengharapkan agar masyarakat bisa menyepakati tempatnya agar pemerintah bisa segera melaksanakan pembangunan.

Terkait dengan potensi Loksado yang begitu besar dibidang pariwisata, dihararapkan agar masyarakat tidak hanya menjadi penonton, melainkan menjadi para pelaku usaha menjadi sesuatu yang bisa menjadikan tambahan pendapatan dari potensi tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Loksado Rudi Agus Firmansyah,  mengatakan hari jadi ini mengangkat tema “Loksado aruh babaya, gawi sasamaan, wan sasama tarasa sagalanya”.

Menurut dia, babaya dalam bahasa lokal Loksado dapat diartikan sebagai “bersama-sama”, dan dimaknai lebih dalam lagi dengan bersama-sama membangun Kecamatan Loksado untuk kesejahteraan dunia akhirat.

Sedangkan “aruh” dapat dimanifesikan sebagai pengharapan atau do’a dan rasa syukur atas limpahan berkah Allah SWT,  dan jika digabungkan “Aruh babaya” maka bisa dimaknai dengan rasa syukur dengan apa yang direncanakan dan setelah mendapatkan hasil yang dicapai.

Tidak kalah dengan sepuluh kecamatan lainnya, dalam kemeriahan acara puncak hari jadi Loksado ini juga sangat meriah dengan pemandangan alam yang indah mengelilingi lokasi acara, ditambah suguhan penampilan tari kreasi Dayak Meratus Loksado dengan judul “Anghanah Meratus”.

Baca juga: Jalan santai hingga kuliner 17 desa isi hari jadi Kecamatan Padang Batung

Tarian ini menggambarkan suka cita dan keterbukaan terhadap tamu kehormatan yang bertandang ke Loksado, tarian ini pun dibawakan dengan apik putra-putri Loksado asuhan Sanggar Seni dan Budaya Pusaka Meratus.

Dalam rangkaian hari jadi ini juga diserahakan bingkisan peralatan sekolah, untuk anak-anak asuh GNOTA di seluruh desa Kecamatan Loksado yang diserahkan langsung Ketua GNOTA HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry.

Dilanjutkan, penyerahan piagam-piagam penghargaan Bupati HSS kepada para kepala desa yang berhasil dalam pemungutan PBB, dan ditutup dengan peninjauan stand-stand desa yang menyuguhkan kuliner khas Loksado serta buah-buah lokal yang ada di sana.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020