Konsulat Jenderal Republik Indonesaia (KJRI) Kuching memberikan layanan "jemput bola" kepada Pekerja Migran Indonesia yang akan melakukan pembuatan dan perlengkapan dokumen seperti paspor dan lainnya.

"Kami telah melakukan kegiatan layanan simpatik KJRI Kuching, berupa layanan jemput bola kepada PMI yang berada di ladang Delta Pelita Sebakong Mukah," kata Konsul Jenderal RI di Kuching, Yonni Triprayitno di Kuching, Senin.

Ia menjelaskan, selain itu pihaknga juga memberikan arahan agar para PMI yang saat ini yang bekerja di Malaysia khususnya di wilayah Malaysia Timur, agar selalu menjaga kesehatan serta mematuhi aturan dan hukum yang berlaku di Malaysia.

Baca juga: Buruh migran Indonesia demo damai di KJRI Hong Kong

"Kehadiran kami dalam hal ini memberikan pelayanan untuk memudahkan dan meringankan beban para Pekerja Migran Indonesia, sehingga tidak perlu melakukan perjalanan jauh ke Kuching untuk penggantian paspor dan sebagainya," katanya.

Menurut Konjen RI Kuching kegiatan pelayanan yang diberikan itu untuk memastikan juga kepada PMI, bahwa negara selalu siap memberikan perlindungan dan pelayanan kepada PMI.

"Selain itu, kami juga sudah melakukan pembicaran kepada beberapa para majikan (pemilik perusahaan) khususnya di wilayah Sibu dan Mukah. Dimana nantinya kami akan memberikan program mudik bareng pada Idul Fitri tahun 2020," katanya.

Baca juga: KJRI desak Hong Kong selidiki tertembaknya wartawan Indonesia

Terkait hal ini, katanya menambahkan, KJRI akan memfasilitasi dan melakukan pendampingan kepada PMI yang akan pulang ke tanah air, kerja sama dengan perusahaan dengan menyediakan bus gratis kepada para PMI untuk pulang ke Indonesia dan akan diantar sampai Pontianak.

"Mereka akan kita antar sampai ke Pontianak, hingga keamanan para PMI pada saat mudik lebaran dapat terjamin dan terhindar dari korban penipuan atau hipnotis yang sering terjadi di Terminal Kuching," katanya.

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020