Perusahaan Listrik Negara Ranting Tanjung melakukan pemadaman listrik secara total di dua belas kecamatan sejak Senin (7/3) malam hingga Selasa (8/3), karena terjadi kerusakan pada gardu induk.

"Pemadaman listrik dilakukan karena ada kegiatan pemeliharaan terpadu gardu induk Tanjung dan gardu hubung Sulingan serta pemeliharaan jaringan," kata Manager PT PLN Ranting Tanjung Pasido, Selasa (8/3) di Tanjung.

Pasido menyebutkan pemadaman terpaksa dilakukan bagi seluruh pelanggan PLN se-Tabalong, termasuk Kecamatan Petangkep Tutui, Buntok, Barito Timur sejak pukul 09.00 wita hingga 17.00 wita.

PIhak PT PLN sendiri telah mengeluarkan surat pengumuman ke Polres Tabalong dan masyarakat umum terkait pemadaman listrik di siang hari.

Dari surat pemberitahuan yang dibuat PT PLN ranting Tanjung, wilayah Tabalong yang mengalami pemadaman listrik masing-masing kecamatan Tanjung, Tanta, Murung Pudak, Bintang Ara, Haruai, Upau, Muara Uya, Jaro, Kelua, Banua Lawas dan Pugaan.

Jadwal pemadaman sendiri cukup bervariasi, pengakuan sejumlah warga listrik padam sejak pukul 21.00 wita untuk wilayah Tanjung Tengah, sedangkan Mabuun pemadaman terjadi sejak pukul 22.00 wita hingga siang harinya.

"Sejak tadi malam listrik sudah padam dan sampai hari (Selasa) ini belum menyala akibatnya  kami kesulitan untuk menyedot air karena menggunakan mesin listrik," ujar Hifni satu warga Tanjung Tengah.

Sejumlah pedagang di Pasar Bauntuk Tanjung mengeluhkan pemadaman listrik yang cukup lama karena mereka terpaksa berjualan dengan penerangan seadanya.

"Sebagian pedagang memang ada yang menggunakan genset untuk penerangan namun banyak pula berjualan dengan cahaya seadanya," tutur Irma satu penjual pakaian.(mia*C)

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011