Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta ingin pasokan pangan untuk Ibu Kota Baru Republik Indonesia berasal dari Kabupaten Tanah Laut.

Menurut dia,  akan ada satu juta pegawai pindah ke Ibu Kota Baru Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kalimantan Timur yang tentunya akan meningkatkan kebutuhan pangan disana,

"Oleh sebab itu kami ingin agar para petani kita memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya dan saya yakini ini akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan dan kesejahteraan petani di Kabupaten Tanah Laut,” tegas Bupati Tanah Laut H Sukamta pada acara peresmian dan serahkan fasilitas penunjang kegiatan lumbung pangan masyarakat (LPM) dan pengembangan usaha pangan masyarakat (PUPM) Kabupaten Tanah Laut,  di penggilingan Padi kelompok Tani Suka Maju Desa Ketapang Kecamatan Bajuin, Rabu (15/1).

Bupati mengimbau,  para petani dan penyuluh pertanian agar lebih bersemangat dalam memajukan pertanian di Kabupaten Tanah Laut.

Kabupaten Tanah Laut sendiri, sebut dia, merupakan salah satu Kabupaten di Pulau Kalimantan yang diberikan kepercayaan untuk melaksanaan program-program dari Kementrian Pertanian.
Selain itu, ungkap dia,  Pemerintah Kabupaten Tanah Laut juga sangat mendukung program-program tersebut,

"Saya himbau  para petani kita untuk lebih semangat,  agar pertanian di Kabupaten Tanah Laut semakin maju yang tentunya juga akan memberikan manfaat bagi Daerah,” tutup Kamta.

Dalam kegiatan itu juga diserahkan bantuan Kegiatan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) berupa dana Rehap Bangunan lumbung penyimpanan gabah petani dengan sumber dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah kepada Kelompok Tani Serumpun Desa Gunung Raja,  Kecamatan Tambang Ulang dan Gabungan Kelompok Tani Mekar Sari Desa Labuhan Amas Kecamatan Bumi Makmur.

Bantuan pemerintah itu untuk pengisian gabah masing-masing 6 ton kepada 4 Kelompok Lumbung dengan sumber dana Anggaran Pendapatan Belanja Nasional yang diterima oleh Kelompok Lumbung Berkat Permai Jaya Kelurahan Angsau, Kecamatan Pelaihari, Kelompok Lumbung Usaha Mandiri Desa Batalang,  Kecamatan Jorong, Kelompok Lumbung Usaha Maju Desa Tabanio Kecamatan Takisung dan Kelompok Lumbung Mitra Usaha Desa Pulau Sari, Kecamatan Tambang Ulang .

Kemudian, penyerahan bantuan pemerintah untuk Pengembangan Usaha Pangan Masuarakat (PUPM) dengan sumber dana Anggaran Pendapatan Belanja Nasional berupa Revitalisasi mesin Rice Miling Unit (RMU) yang diterima oleh Kelompok Tani Sumber Rezeki Desa Tambak Karya,  Kecamatan Kurau dan Kelompok Tani Sember Rezeki Desa Handil Birayang Bawah,  Kecamatan Bumi Makmur.

Selanjutnya, Penandatanganan Perjanjian Hibah Daerah dan Penyerahan Bantuan Pemerintah  disaksikan  Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Laut, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Holtikultura Kabupaten Tanah Laut, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tanah Laut serha hadirin lainnya.

Sebelum acara berakhir Bupati Tanah Laut H Sukamta menguji coba langsung mesin Rice Miling Unit yang dihibaukan kepada Kelompok Tani Suka Maju Desa Ketapang untuk memastikan mesin tersebut berfungsi dengan baik.
Bupati Tanah Laut H Sukamta menyerahkan fasilitas penunjang kegiatan lumbung pangan masyarakat (LPM) dan pengembangan usaha pangan masyarakat (PUPM) Kabupaten Tanah Laut, di penggilingan Padi kelompok Tani Suka Maju Desa Ketapang Kecamatan Bajuin, Rabu (15/1).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020