PMII Jaring Kader

Minggu, 27 Oktober 2013 22:05 WIB

Barabai, (Antaranews Kalsel) - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia melaksanakan kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) 2013 yang diikuti puluhan kader baru dari beberapa perguruan tinggi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Minggu (28/10/)

Ketua PC PMII Barabai Suriadi melaporkan kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) tahun ini memang agak berbeda dengan tahun sebelumnya antara lain kegiatan ini bukan hanya diikuti mahasiswa dari STAI Al Washliyah Barabai tetapi juga dari Akper Murakata Barabai dan STKIP Banjarmasin.

"Kita bersyukur bahwa PMII sebagai Organisasi Kemasyarakatan Pemuda yang berasal dari Ormas Nahdatul Ulama bukan hanya diminatil oleh Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Islam tetapi juga dari Perguruan Tinggi umum sehingga diharapkan  Mapaba menjadi awal yang baik untuk pengkaderan dimasa-masa mendatang,"ujarnya.

Mabincab PMII Barabai Zainal dalam sambutannya mengatakan agar Mapaba  jangan hanya menjadi acara seremonial belaka dan kehilangan rohnya dalam upaya pengkaderan di tubuh OKP PMII Barabai.

"Pengurus PMII jangan terlena dengan jumlah kuantitas kader yang meningkat tapi tidak diimbangi dengan pembinaan kader yang optimal," katanya.

Mengutip ucapan Mantan Presiden RI Soekarno yaitu "Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, Beri 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia" pesan moral disini menunjukkan betapa besarnya peran pemuda dalam perubahan dan pembangunan di tanah air tercinta.

Sementara Narasumber kegiatan sekaligus Sekretaris DPD KNPI HST Fathurrahman menjelaskan bahwa organisasi PMII merupakan organisasi yang lahir dari Organisasi Induk Nahdatul Ulama, terbentuk dan memilih independen sejak tanggal 17 April 1960 dimotori oleh Kalangan Pemuda NU dengan cita-cita mewujudkan Indonesia ke depan lebih baik.

Begitupun nama  PMII disusun dari empat kata yaitu “Pergerakan”, “Mahasiswa”, “Islam”, dan “Indonesia”. Makna “Pergerakan” yang dikandung dalam PMII adalah dinamika dari hamba (makhluk) yang senantiasa bergerak menuju tujuan idealnya memberikan kontribusi positif pada alam sekitarnya.

 â€œPergerakan” dalam hubungannya dengan organisasi mahasiswa menuntut upaya sadar untuk membina dan mengembangkan potensi ketuhanan dan kemanusiaan agar gerak dinamika menuju tujuannya selalu berada di dalam kualitas kekhalifahannya.

Pewarta: Fathurahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013

Terkait
Terpopuler