Ratusan anggota Kepolisisan Republik Indonesia yang bertugas di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menggalakkan gerakan penghijauan di kabupaten setempat yang berjuluk "Bumi Bersujud".

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Sugianto Marweki, di Batulicin, Jum'at mengatakan, gerakan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon adalah sebegai wujud kepedulian polri terhadap lingkungan.
"Dalam kiprah Polri, bukan hanya sebatas menjaga keamanan dalam negri, namun bagaimana kita bisa berliterasi dengan alam sekitar. Salah satunya peduli dengan lingkungan," ujarnya.

Kapolres yang akrab dipanggi bang Sugi menjelaskan, ada sekitar 8000 bibit pohonnyang di tanah di seluruh wilayah hukum Tanah Bumbu diantaranya bibit pohon mangga, alpukat, jambu monyet, trembesi, sirsak, petai dan mahoni.

Dalam hal ini jajaran Kepolisian Resor Tanah Bumbu sebelumnya juga melakukan penanaman pohon berbagai jenis yang dilaksanakan di seluruh Polsek.

Kapolres meminta agar kita saling menjaga lingkungan dengan melakukan penanaman dan merawat pohon di lingkungan kita.

Menurut dia, banyak manfaat apabila kita dapat menjaga hal tersebut salah satunya menghindari asanya bencana banjir, lonsor dan angi puting beliung.

Bahkan, kalau di lingkungan kita banyak pepohonan yang rindang sama halnya kita dapat menjaga mata air yang dihasilkan dari bumi.

"Ayo kita selamatkan dunia dengan malakukan penghijauan dan merawatnya," pungkas Kapolres.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020