Bupati Kotabaru H Sayed Jafar beserta jajaran menghadiri puncak perayaan Pesta Adat Balian Tandik, bertempat di Balai adat Pangkalan, Desa Bangkalaan Dayak Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru, Minggu (5/1).

Dalam sambutannya Sayed Jafar mengatakan  sangat mengapresiasi pesta adat dayak ini yang merupakan ucapan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan yang telah memberikan rezeki yang melimpah melalui Goa Temu luang.

Bupati berjanji, nantinya pemerintah akan mengemas Ritual Adat ini bersama Dinas Pariwisata  Pemuda dan Olahraga supaya lebih meriah lagi serta bisa menjadi salah satu Destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kotabaru.

"Nantinya infrastruktur jalan khususnya yang ada di tempat ini akan kami perbaiki lagi, agar memudahkan akses menuju tempat ini sehingga dapat mengangkat perekonomian masyarakat," katanya

Sementara, Kepala Desa Bangkalaan Dayak, Herdinan mewakili masyarakat sangat berterimakasih bupati Kotabaru dapat menghadiri pesta adat ini walaupun agenda bupati sangat padat.

"Kami sangat bersyukur Bupati Kotabaru bisa menghadiri pesta Adat kami ini secara langsung, walupun sempat menunda beberapa  agenda beliau," lanjutnya.

Acara Ritual Adat Balian Tandik merupakan ucapan rasa syukur masyarakat karena telah diberikan rezeki melimpah karena adanya Goa Temu Luang yang ada desa ini.

Pada kesempatan itu juga bupati kotabaru memberikan bantuan berupa kartu BPJS Kesehatan serta Pojok Suami Program PAK Bamega.

Selain Bupati Kotabaru, acara ini juga dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru, Kepala SKPD Lingkup pemerintah Kabupaten Kotabaru, Camat Kelumpang Hulu beserta Forcopimca, serta ratusan Masyarakat yang ingin menyaksikan jalannya Acara Ritual Adat ini. 

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020