Wakil Bupati Barito Kuala, Kalimantan Selatan H Rahmadian Noor mengatakan, tahun 2020 merupakan tahun ketiga Pemerintahan Bupati Hj Noormiliyani AS - Wakil Bupati (Wabup) H Rahmadian Noor dan berharap program kegiatan yang dilaksanakan supaya fokus kepada penyelesaian visi dan misi yang mereka letakan.

“Saat ini sudah memasuki tahun ketiga kepemimpinan kami. Saya minta seluruh ASN dari seluruh tingkatan untuk fokus menyelesaikan Visi dan Misi Kabupaten yang setidaknya dalam kurun waktu tiga tahun ke depan,” ucap Rahmadian Noor saat membina Upacara Awal Bulan Januari di halaman Kantor Bupati Batola, Senin (6/1).

Dalam upaya merealisasikan perwujudan visi dan misi, wabup mengharapkan, semua ASN untuk fokus terhadap tupoksi di SKPD masing-masing. Mengingat, sebutnya, dengan fokus akan sangat membantu menyelesaikan pekerjaan secara cepat, menghindarkan penyimpangan, serta akan membuat program dan kegiatan yang dilaksanakan sesuai arah dan tujuan.

Terkait efisiensi anggaran, wabup melihat, selama tahun 2019, masih terdapat sejumlah anggaran dan kegiatan yang sifatnya relatif tidak begitu urgen dalam arti tidak begitu mendesak untuk dilaksanakan.

Dia minta para ASN, terutama para pimpinan SKPD, untuk melakukan pencermatan guna dilakukan pemilahan. Jika kegiatannya terlanjur dianggarkan namun dirasa kurang efektif, termasuk perjalanan dinas, diharapkan tidak perlu dilaksanakan. Lebih baik anggarannya diarahkan pada kegiatan yang betul-betul mendukung visi misi kabupaten.

Wabup juga menilai, evaluasi internal terhadap kegiatan sepanjang tahun berkenaan di masing-masing SKPD masih lemah. Karenanya ia minta para pimpinan SKPD untuk melakukan evaluasi secara internal terhadap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sepanjang tahun berkenaan.

“Saya kira ini sangat penting karena juga sangat berpengaruh terhadap nilai SAKIP. Penilaian terkait SAKIP ini pernah juga saya sampaikan beberapa waktu lalu bahwa evaluasi internal kita nilainya masih tidak begitu menggembirakan. Kalau menginginkan nilai SAKIP BB maka harus menjadi perhatian yang lebih serta melakukan evaluasi secara berkala,” ucap wabup yang akrap disapa pak Rahmadi itu.

Wabup mengatakan, dirinya pernah minta laporan berkala soal realisasi fisik kegiatan (RFK) menjelang akhir semestar II ternyata banyak saja SKPD yang belum menyampaikan. Belum lagi yang diminta soal laporan kinerja.  

Karenanya di tahun 2020 sekaligus memasuki tahun ketiga dia bersama Bupati Hj Noormiliyani, ia menekankan semua ASN di masing-masing SKPD untuk bekerja lebih baik sesuai komitmen serta tema dari Peringatan Hari Jadi ke-60 Batola “Mehas Bagawi Handeyah Biti Batola Setara/Cangkal Bagawi Sabarataan untuk Batola Setara.”

“Jadi saya minta bapak ibu bekerjalah dengan sepenuh hati supaya akan lebih mudah mendapatkan hasil maksimal pula,” ajak wabup.
Di sela pelaksanaan upacara juga diserahkan sejumlah penghargaan, di antaranya Penghargaan Melindungi Pegawai Non ASN dan Seluruh Perangkat Desa Melalui Program BPJS Ketenagakerjaan yang diserahkan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan Panji Wibisana kepada Wakil Bupati H Rahmadian Noor.

Wabup Rahmadian Noor juga menyerahkan secara simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui stimulus Iuran dari Bank Bukopin Banjarmasin kepada 100 petani di Batola.

Diserahkan pula penghargaan kepada PT TSMJ sebagai perusahaan teladan dalam Industri Manupaktur tahun 2019, pemberian penghargaan perusahaan teladan kepada PT Sumber Sinar Cahaya, serta penyerahan penghargaan Anugerah Adipura Tingkat Provinsi Kalsel berupa satu unit dump truck kepada Kepala UPT Kebersihan.
Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan Panji Wibisana menyerahkan Penghargaan Melindungi Pegawai Non ASN dan Seluruh Perangkat Desa Melalui Program BPJS Ketenagakerjaan kepada Wakil Bupati H Rahmadian Noor.Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020