Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar apel puncak Peringatan Hari Amal Bakti ke-74 di Lapangan Dwi Warna Barabai, Jumat (03/01).

Bupati HST, H A Chairansyah selaku pembina apel membacakan sambutan Menteri Agama RI Fachrul Razi menyampaikan, sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama 2020 " Umat Rukun, Indonesia Maju." 

Pada kesempatan tersebut, dia  mengajak seluruh jajaran Kemenag di Pusat dan di Daerah agar menjadi agen perubahan.

Dalam memperkuat kerukunan antarumat beragama di tanah air yang merupakan modal bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional. 

Secara khusus Ia mengajak jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia untuk memperhatikan enam hal, pertama, pahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi, tugas dan fungsi Kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara.

Kedua, Jaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materiastis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan.

Ketiga, tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan  melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan dan keempat, perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat.

Kelima, rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan dan moderasi beragama sejalan dengan Falsapah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa  walau berbeda Ras, Etnik, Keyakinan Agama dan Golongan.

"Terakhir, implementasikan visi dan misi pemeritah ke dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja pusat, daerah dan perguruan tinggi keagamaan," katanya.

Bupati juga mengucapkan Selamat HAB Kemenag ke-74. Semoga Kementerian Agama selalu eksis dalam upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang agamis, maju  sejahtera dan cerdas serta saling menghormati antar sesama pemeluk agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya.

acara dirangkai penyerahan penganugrahan Satya Lencana Karya Satya kepada 10 orang dan penyerahan tropy hasil kejuaran dalam rangka HAB Kementerian Agama Tahun 2020.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020