PT PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah terus berupaya membersihkan jaringan distribusi listrik dari pohon tumbang akibat angin puting beliung yang terjadi pada Sabtu (27/12) malam.

Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Kalselteng Syamsu Noor di Kota Banjarbaru, Minggu mengatakan angin kencang itu menyebabkan banyak pohon yang berada di dekat jaringan distribusi listrik roboh.

Baca juga: DLH Banjarmasin: banyak pohon tumbang akibat hujan lebat

Sebelumnya, hujan disertai angin kencang yang terjadi hampir di seluruh wilayah Kalimantan Selatan maupun wilayah tetangga Kalimantan Tengah, Minggu dini hari menyebabkan gangguan suplai listrik PLN kepada pelanggan.

"Robohnya pohon menyebabkan gangguan distribusi listrik pada Saluran Udara Tegangah Menengah (SUTM) 20 kilo Volt (kV) sehingga suplai listrik terganggu," ujar katanya.

Disebutkan, beberapa wilayah di Kota Banjarmasin yang mengalami gangguan seperti daerah Kayutangi, Marabahan, Lambung Mangkurat, Angdam dan Padat Karya terhenti suplai listriknya.

Menurut dia, proses penormalan suplai listrik kepada pelanggan di wilayah itu cukup memakan waktu karena petugas harus membersihkan jaringan distribusi dari pohon-pohon yang roboh.

"Petugas PLN sudah diturunkan dan sampai saat ini masih terus berupaya melakukan perbaikan untuk menormalkan suplai listrik dibantu dengan tim dari Dinas Lingkungan Hidup," katanya.

Baca juga: Plt Bupati minta pohon-pohon besar di Kota Barabai diinventarisir
 

Pewarta: Ulul Maskuriah/Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019