Anggota Satuan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polres Tanah Bumbu (Tanbu), Polda Kalimantan Selatan meningkatkan kesigapan dalam tindakan penanganan SAR (Search and Rescue) perairan mengantisipasi musim libur akhir tahun.

"Setiap akhir tahun ini biasanya terjadi peningkatan lalu lintas kapal angkutan penumpang, jadi kami sudah antisipasi jika terjadi laka air dan sebagainya, personel sudah siap," terang Kasat Polairud Polres Tanbu AKP Parman di Batulicin, Jumat.

Mengambil lokasi di Perairan Pulau Sewangi dan sekitarnya, personel mempraktekkan kondisi darurat ketika ada korban laka air yang akan tenggelam membutuhkan pertolongan.

"Personel dengan kemampuan SAR yang dimiliki, harus sigap mengambil langkah cepat menolong korban jatuh ke laut. Apa yang harus dilakukan dan semua tahapannya harus dikuasai," jelas Parman.

Selain kemampuan personel, sarana pendukung untuk kegiatan SAR juga dipastikan Polairud Tanbu tersedia lengkap untuk kebutuhan pendukung operasi pertolongan korban laka air.
 
Anggota Satuan Polairud Polres Tanah Bumbu bersiap hadapi peningkatan arus kapal di libur akhir tahun. (antara/foto/firman)


Parman menyatakan, dengan pelatihan peningkatan kemampuan tersebut seluruh personelnya lebih matang dan profesional menangani kejadian laka di perairan ketika dihadapkan pada situasi sebenarnya di lapangan.

Dia pun menekankan kepada anggota untuk selalu tanggap dan cepat memberikan respon dalam menerima laporan dari masyarakat yang memerlukan bantuan pelayanan di perairan.

"Kami ingin memastikan terciptanya Kamtibmas perairan yang kondusif menjelang dilaksanakan Latpra Operasi Lilin Intan 2019 yang digelar untuk pengamanan libur Natal dan Tahun Baru," pungkasnya.

 

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019