Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin menyebutkan, sebanyak 173 orang telah melamar untuk memperebutkan sebagai anggota Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2020.

Komisioner Bawaslu Kota Banjarmasin Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) Drs Munawar Khalil di Banjarmasin, Sabtu, mengungkapkan, warga sangat antusias untuk ikut berpartisipasi pada Pilkada 2020 untuk menjadi anggota Panwascam.

Sehingga, ungkap dia, pelamar untuk menjadi anggota Panwascam di lima kecamatan membludak, hingga mencapai 173 orang hingga saat ini terdata.

Rinciannya, ucap Munawar, sebanyak 112 orang laki-laki dan sebanyak 61 orang perempuan.

"Padahal anggota Panwascam yang diterima karena masing-masing kecamatan hanya tiga anggota Panwascam, artinya di kali lima kecamatan hanya 15 orang," paparnya.

Namun seleksi untuk menjadi anggota Panwascam ini akan sangat ketat, khususnya saat verifikasi administrasi, yakni, di syaratkan pelamar itu harus berusia di atas 25 tahun, tidak sebagai pengurus partai.

"Bahkan diliat juga nantinya latar belakangnya apakah pernah jadi Caleg, kalau lebih lima tahun sih tidak masalah, kalau di bawah itu, gugur," terangnya.

Akan banyak lagi pada verifikasi administrasi ini yang ditelusuri latar belakang si pelamar, termasuk pendidikannya dan statusnya pekerjaan, apakah aparatur sipil negara.

"Mereka yang lulus administrasi akan diumumkan di media massa untuk nantinya, biar mendapat tanggapan dari masyarakat," paparnya.

Kemudia, ujar Munawar, dilanjutkan dengan test tertulis secara online, antara 13-17 Desember ini.



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019