Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengatakan,  kemajuan pariwisata sebuaah negara atau daerah tidak hanya ditentukan manajemen pengelolaan.

Lebih  penting dari itu adalah partisipasi atau keterlibatan langsung rakyat untuk  turut memajukan pembangunan kepariwisataan.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dalam sambutan tertulis dibacakan Kadis Pariwisata Provinsi Kalsel, Dahnial Kifli, saat membuka Jambore Pokdarwis, Kamis (5/12) di Alam Roh 20 Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Gubernur mengungkapkan, unsur penting masyarakat itu adalah peran penting kelompok masyarakat sadar wisata (Pokdarwis)  dalam memajukan pariwisata di Kalsel.

"Pemprov Kalsel berkomitmen untuk memajukan pariwisata. Peran dari Pokdarwis adalah sangat  penting  dalam memajukan pariwisata,"  tulisnya.

Gubernur mengatakan, sektor pariwisata juga merupakan sektor yang sangat potensial untuk menjadi penggerak perekonomian masyarakat.

Anggota Pokdarwis diharapkan Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini, dapat terus belajar dan membekali diri dengan pengetahuan pariwisata.

"Pariwisata merupakan sektor yang sangat potensial. Kita memiliki berbagai destinasi, nmaun ini harus terus kita rawat dan kembangkan. Caranya harus juga kita melakukan berbagai inovasi, agar destinasi yang kita miliki dapat terus memiliki daya tarik," jelasnya.

Sementata Kadispar Provinsi Kalimantan Selatan, Dahnial Kifli mengatakan pembinaan terhadap SDM pariwisata terus dilakikan.

"Kita banyak memiliki banyak destinasi wisata, tapi kita harus terus membina SDM kita, agar para wisatawan merasa nyaman," ujarnya.

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019