Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry beserta jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melaksanakan koordinasi dan asistensi atau bimbingan untuk Peningkatan Kinerja Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) Bidang Pelayanan Publik.

Ia mengatakan, rasa syukur di hari jadi ke-69 Kabupaten HSS, dan kado yang luar biasa karena Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten HSS meraih nilai A dalam pelayanan publik, termasuk Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) dan Rumah Sakit Brigjen H. Hasan Basry.

"Memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dan itu menjadi komitmen kami. dan beberapa bulan yang lalu, kami ke Surabaya untuk mengunjungi Mall pelayanan publiknya," katanya, saat memberikan sambutan, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dia, meskipun mungkin Surabaya dengan Kabupaten HSS itu sangat jauh berbeda, Surabaya penduduknya tiga jutaan, sedangkan Kabupaten HSS penduduknya kurang lebih 225 ribu jiwa.

Maka untuk pertimbangannya apakah di Kabupaten HSS juga mendirikan Mall Pelayanan Publik atau dalam bentuk lainnya, namun yang yang terpenting adalah meningkatkan semangat dan kerja bersama dalam melayani masyarakat, itu yang harus dilakukan.

Baca juga: JDIH HSS sistem pendayagunaan bersama peraturan perundang-undangan dan dokumentasi hukum

Ia menekankan. bahwa harus bisa menyederhanakan berbagai peraturan yang selama ini menghambat pelayanan publik, termasuk memberikan kemudahan investor yang akan masuk ke Kabupaten HSS.

"Tapi mungkin pada sisi pelayanan publik tidak bisa disalahkan pemerintah saja, cuma pada saat tertentu kadang, masih ada pola pikir investor kita itu yang berkas dimasukkan saja," katanya.

Sedangkan, begitu dikontak untuk melengkapi itu mereka tidak melengkapi. tapi laporannya ke pusat seolah-olah pemerintah daerah menghambat investor yang masuk ke daerah.

Padahal menurut dia kalau bisa sehari izinnya beres, kenapa harus besok, itu yang menjadi telah menjadi prinsip pihaknya. Mungkin pada saat rapat di pusat dengan asosiasi pengusaha, pola pikir untuk dilayani dengan baik, itu juga harus diimbangi dengan mereka pengusaha juga untuk memenuhi persyaratannya.

"Saya telah tugaskan Bagian Hukum untuk memeriksa kembali peraturan-peraturan yang daerah kami atau peraturan bupati, atau keputusan daerah mana saja yang harus dipangkas, agar tidak berbenturan dengan semangat memberikan kemudahan berinvestasi di Kabupaten HSS," katanya.

Selain itu, pihaknya juga bersyukur adanya pendampingan dari Deputi Pelayanan publik, telah mendapatkan nominasi pelayanan publik tahun 2016, jadi Deputi dua kali berkunjung ke daerah HSS.

Ini mendorong pihaknya untuk terus berusaha dalam bidang pelayanan. begitupn diakhir jabatan Tjahyo Komolo sebagai Mendagri, Kabupaten HSS adalah kabupaten terinovasi 10 besar se Indonesia.

Baca juga: Advetorial : Paman Birin puji kepemimpinan Bupati HSS H Achmad Fikry

"Prinsip bekerja apa yang seharusnya bukan bekerja apa adanya, sehingga tidak terjebak dengan rutinitas. Prinsip ini yang kami jalankan sehingga banyak menghasilkan berbagai penghargaan. dengan begitu kami terus akan terdorong menciptakan inovasi yang baru," katanya.

Asistensi atau bimbingan oleh Asdep Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II KemenPAN RB, Jeffrey Erlan Muller, menyampaikan mengenai kebijakan-kebijakan dalam rangka peningkatan pelayanan publik.

Selain itu, Kepala Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Aris Samson, menyampaikan berbicara mengenai pelayanan publik itu tidak ada habis-habisnya, banyak sekali terobosan-terobosan yang juga akan dijadikan contoh.

Namun apabila pemerintah daerah yang kalau memiliki pimpinan yang berkomitmen untuk maju dan terus memotivasi, agar selalu tercipta inovasi dalam berbagai bidang, khususnya pelayanan bagi masyarakat maka itu juga menjadi contoh memberikan suri teladan bagi bawahannya.

"Semangat Bapak H Achmad Fikry sebagai Bupati HSS, untuk membangun pelayanan publik sangat kami apresiasi dan karena ini sejalan dengan reformasi birokrasi melalui program Indonesia Melayani," katanya.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS H Muhammad Noor, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah OPD) dan para camat se-Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019