Oleh Imam Hanafi

Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menerapkan pola baru, yakni membagikan kupon antrean, dalam melayani pelamar Calon Pegawai Negeri (CPNS), yang semakin hari semakin membludak.


Kepala badan Kepegawaian Daerah Kotabaru H Slamet Riyadi, melalui Kabid Penyediaan Pegawai Muhammad Rodli, di Kotabaru, Rabu, mengatakan, sebelumnya pelamar datang langsung bisa mendapatkan layanan.

"Namun karena jumlah yang datang dalam beberapa hari terakhir terus membludak, BKD terpaksa membuat kupon antrean sesuai dengan kualifikasi bidang," ujarnya.

Pelamar CPNS harus mengantre dan mengambil nomor urut sesuai dengan bidang yang dilamar, bidang kesehatan, guru, dan teknis.

Penerapan pola tersebut akan memudahkan dalam pendataan dan antrean pelamar akan lebih tertib, dan teratur tidak seperti sebelum-sebelumnya.

Terpisah, Slamet Riyadi, mengatakan, jumlah pelamar CPNS di BKD Kotabaru hingga Selasa (25/9) sudah mencapai 2.000 orang.

"Diperkirakan jumlah pendaftar CPNS akan terus bertambah sampai batas akhir 28 September 2013," ujarnya.

Beberapa hari dimulainya pendaftaran, jumlah pelamar relatif sedikit, akan tetapi beberapa hari terakhir masyarakat yang datang untuk mendaftar membludak.

Mereka datang dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan, bahkan ada sebagian pelamar yang datang dari luar Kalimantan.

Para pelamar akan memperebutkan 171 formasi, yang terdiri atas tenaga kesehatan sebanyak 60 orang, guru 94 orang, dan sisanya 17 orang untuk tenaga teknis.

Sedangkan khusus untuk guru sebanyak 94 orang, meliputi guru SD 19 orang, guru SMP 16 orang, guru SMA 31 orang, dan guru SMK 28 orang.

Tenaga kesehatan sebanyak 60 orang, di antaranya dua dokter spesialis, bidan, perawat gigi, analis laboratorium, dan tenaga kesehatan lainnya.

Selanjutnya, 17 tenaga teknis, di antaranya pranata komputer, penyuluh kehutanan, pertanian, perikanan, KB, penguji kendaraan bermotor, polisi kehutanan dan inspektur tambang.

Ia memperkirakan jumlah pelamar CPNS di Kotabaru hingga akhir pendaftaran diprediksi mencapai 3.000 orang, karena sejak 2010 Kotabaru dan beberapa daerah lain di Kalsel tidak merekrut CPNS, sehingga saat dibuka pendaftaran pelamar akan membludak.

  Sesuai dengan jadwal nasional, maka tes tersebut akan dilaksanakan pada 3 November 2013 dengan tempat pelaksanaan tes yang akan diumumkan kemudian.   

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013