Sebanyak tujuh dari 195 Desa di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan  menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III, Rabu (4/12).

Pelaksanaan pilkades mendapat pemantauan dari Asisten Bidang Pemerintahan M Anthony dan Kadis PMPD Dahlan,  jajaran Forkopimda/mewakili, masing-masing camat beserta jajaran Forkopimcam.

“Hari ini kita menggelar Pilkades Gelombang III. Sedangkan yang melaksanakan pilkades terdapat tujuh desa yang tersebar di tujuh kecamatan,” tutur Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Batola Dahlan.

Mantan Kabag Humpro Setda Batola menguraikan, ketujuh desa yang menggelar pilkades tersebut masing-masing Desa Antaraya Kecamatan Marabahan, Sungai Rasau Kecamatan Cerbon, Belandean Muara Kecamatan Alalak, Jelapat Baru Kecamatan Tamban, Anjir Pasar Kota I Kecamatan Anjir Pasar, Roham Raya Kecamatan Wanaraya, dan Desa Bahandang Kecamatan Jejangkit.
Sementara itu, dari pantauan, pelaksanaan Pilkades di masing-masing desa tampak berlangsung aman, lancar, tertib dan kondusif sesuai tahapan.

Proses pemilihan sendiri diawali pencoblosan yang dimulai sejak sekitar pukul 07.00 Wita dan perhitungan suara dilaksanakan sekitar pukul 13.00 Wita.

Pilkades di Desa Antar Raya Kecamatan Marabahan diikuti 4 calon kades masing-masing Akhmad Liani, Samsuriadi, Muhammad Dong, dan Mahdiani. Untuk Desa Sungai Rasau Kecamatan Cerbon diikuti 5 calon masing-masing Anwari, Jam’ani, Syahruji, mulyono, dan Muhammad Kastalani.

Selanjutnya, untuk Desa Belandean Muara Kecamatan Alalak diikuti 5 calon masing-masing Muhammad Faisal, Fahrul, Andrie Arsyah, Muhammad Fadillah, dan Arbain. Desa Jelapat Baru Kecamatan Tamban diikuti 5 calon masing-masing Drs Samitra, M Sajali, Darno, Junaidi dan Sabdi.

Untuk Desa Anjir Pasar Kota I Kecamatan Anjir Pasar diikuti 4 calon masing-masing Uto AS, Fauzan Ramon, Suriansyah dan Abriansyah. Desa Roham Raya Kecamatan Wanaraya diikuti 2 calon yaitu Hasimudin dan Khairil Januar.

Sedangkan Desa Bahandang Kecamatan Jejangkit diikuti 3 calon masing-masing Abdul Hadi, Masrudin, dan Supianie.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019