Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry kembali menyerahkan bantuan sosial berupa Program Rumah Sejahtera, Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Bantuan Sosial (Bansos) Pemakanan bagi anak Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak ( LKSA) Ibnu Mas'ud Putra dan Putri, Desa Baru, Kecamatan Sungai Raya.

Penerima bantuan modal UEP Diana, di Baru, Senin (18/11), mengatakan setelah dirinya mendapatkan bantuan modal usaha dari pemerintah, selain digunakan untuk menambah modal usaha sebagian bantuan digunakan untuk memperbaiki warung yang ada. Setelah dapat bantuan, atap yang dulu bocor diganti.

"Sebelum menerima modal usaha keuntungan yang didapat berkisar sekitar Rp25 ribu dan tidak cukup untuk memenuhi kehidupan dalam rumah tangga. Namun setelah ada tambahan modal usaha keuntungan yang ia dapat bisa mencapai Rp. 50 ribu dan Alhamdulillah bisa beli ikan dan jajan untuk anak sekolah,” katanya, saat berdiskusi dengan Bupati HSS di warung usahanya.

Baca juga: Mujiharjo : Terima kasih Bupati HSS atas perhatiannya untuk Lansia HSS

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan agar modal yang ada ini dijaga agar tidak berkurang, kalau bisa disisihkan sebagian keuntungan untuk menambah lagi modal usaha. Ia menekankan semangat untuk maju, semangat untuk meningkat kesejahteraan harus selalu dipegang.

Dijelaskan dia, program-program bantuan sosial seperti program rumah sejahtera dan program UEP akan terus berlanjut, dengan harapan bantuan yang diberikan pemerintah dapat meningkatkan pendapatan bagi penerima manfaat.

"Kalau sudah berusaha maju untuk tidak tergantung pada pemerintah lagi, berwirausha menambah modal bisa melalui perbankan, kami juga ingin membuka akses bagi warga yang ingin menambah modal usaha bisa bisa melalui perbankan,” katanya, yang juga didampingi pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan dan Bank Kalsel Syariah Kandangan.

Baca juga: 43 warga Kecamatan Kandangan terima program bantuan

Menurut dia, semangat dalam penyerahan bantuan ini adalah semangat untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, dan meningkatkan pendapatan. Ia juga meminta bantuan yang diberikan tidak bisa diberikan secara bersamaan, harus dengan skala prioritas.

Kepala Dinas Sosial HSS Hj Siti Erma, mengatakan untuk Kecamatan Sungai Raya, bansos UEP di serahkan kepada sembila Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp. 1.500.000 /KPM.

Sementara untuk Program Rumah Sejahtera APBD-P tahun 2019 diserahkan kepada 28 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp13.908.000 per KPM serta Bansos Pemakanan bagi anak LKSA Ibnu Mas'ud Putra sebesar Rp. 71.175.000, sedangkan Bansos Pemakanan bagi anak LKSA Ibnu Mas'ud Putri sebesar Rp147.825.000,-.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019