Tanjung, Kalsel, (Antaranews Kalsel) - Pasangan Arifin Noor - Abdel Fadillah (Arafah) sudah mengembalikan berkas pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Tabalong, Kalimantan Selatan, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Ketua KPU Tabalong, Fahriansyah, Jumat di Tanjung menyebutkan berkas pendaftaran pasangan Arifin Noor - Abdel Fadillah dikembalikan oleh ttim pemenangannya Rabu (4/9) sedangkan tiga pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati lainnya belum mengembalikan berkas pendaftaran.

"Jadwal pengembalian berkas pendaftaran 4 sampai 10 Agustus dan saat ini baru pasangan Arafah yang sudah menyerahkan hasil perbaikan persyaratan," jelas Fahriansyah.

Sesuai dengan keputusan KPU nomor 43 tahun 2013 tentang perubahan atas keputusan KPU nomor 20 tahun 2013 tentang tahapan, program dan jadwal waktu penyelenggaraan pemilu bupati dan wakil bupati 2013, pengumuman berkas persyaratan para bakal calon bupati dan wakil bupati, 11 sampai 18 September 2013.

Pasangan yang berkas persyaratannya dinyatakan lengkap tambah Fahriansyah, bisa mengikuti tahapan selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkan 19 sampai 25 September 2013.

Hasil pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter RSUD Ulin Banjarmasin diumumkan 26 September sampai 2 Oktober selanjutnya 3 sampai 4 Oktober penetapan calon, penentuan nomor urut serta pengumuman pasangan calon bupati dan wakil bupati.

"Setelah penetapan calon serta penentuan nomor urut maka calon yang berasal dari kalangan birokrat tentunya sudah resmi melepaskan jabatannya," tambah Fahriansyah.

Terpisah Arifin Noor yang saat ini masih aktif menjabat Kepala Bappeda Tabalong mengaku sudah mengajukan surat permohonan mengundurkan diri dari jabatan sebagai persyaratan pendaftaran bakal calon bupati, namun karena surat persetujuan belum terbit maka dirinya masih menjalankan tugas sebagai birokrat.

"Nanti setelah penetapan calon pada 3 Oktober, maka saya resmi melepaskan jabatan dan saat ini masih menjalankan tugas sebagai kepala Bappeda sambil menunggu SK bupati," jelas Arifin.

Begitu pula pasangannya Abdel Fadillah juga masih aktif sebagai sekretaris daerah meski sudah resmi mendaftar sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Tabalong.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013