Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan Ke-74 tahun 2019 di Lapangan Murjani Banjarbaru diikuti ratusan peserta upacara dari berbagai unsur. 

Kegiatan yang dilaksanakan, Ahad diikuti anggota TNI/Polri, Dishub, Satpol PP, perwakilan aparatur sipil negara di lingkungan Pemkot Banjarbaru serta perwakilan siswa SMA/SMK sederajat. 

Selain khidmat, selesai upacara juga meriah dan semarak karena diisi karnaval perjuangan dan kejuangan Hari Pahlawan yang diselenggarakan
pengurus Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Kota Banjarbaru.

Tampak hadir Ketua DPRD Kota Banjarbaru Fadliansyah, Sekdako Banjarbaru Said Abdullah, unsur Forkopimda, pejabat eselon II, dan III Pemkot Banjarbaru, veteran RI dan undangan lainnya.

Wali Kota membacakan sambutan Menteri Sosial RI Juliarip Batubara menyampaikan bahwa setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Peristiwa itu, sebagai salah satu moment paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia dimana rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah.

"Diharapkan, melalui peringatan Hari Pahlawan kita lebih menghargai jasa dan pengorbanan pahlawan seperti ungkapan Bung Karno yakni "hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar," ucap mensos.

Selain itu, melalui peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa menjadi pahlawan masa kini, seperti tema Peringatan Hari Pahlawan 2019
"Aku Pahlawan Masa Kini".

Sementara itu, karnaval perjuangan dan kejuangan Hari Pahlawan di Kota Banjarbaru yang digelar DHC 45 Kota Banjarbaru dilepas Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Wali Kota dengan mengibarkan bendera start.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019