Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) 
Mardani H Maming (MHM) memastikan bakal memberikan beasiswa untuk mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang berprestasi namun tidak mampu secara ekonomi keluarga.

Menurut dia, Nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tengah dikonsep untuk menindaklanjuti kesepakatan lisannya dengan Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi.

"Saya sudah bicara dengan pak rektor. Ada 25 mahasiswa yang nantinya ditanggung biaya kuliah hingga lulus," bebernya.

Untuk program awal kerjasama tersebut, sementara hanya putra daerah asal Kabupaten Tanah Bumbu yang masuk dalam beasiswa.

"Doakan kami berezeki, mudah-mudahan bisa menambah jumlah beasiswa agar daerah lain juga bisa dibantu kedepannya," ucap pria kelahiran Batulicin, 17 September 1981 itu.

Dari 25 mahasiswa yang dibantu tersebut, kisarannya setiap orang menerima Rp 40 juta melalui Yayasan Haji Maming Enam Sembilan.
Sementara Sutarto menjelaskan, konsepnya beasiswa dari mantan Bupati Tanah Bumbu dua periode itu
seperti Bidikmisi. Jadi biaya hidup ditanggung setiap bulan serta biaya kuliah persemester.

Calon mahasiswa penerimannya diambil dari mereka yang tidak termasuk atau tidak tercover dalam kuota Bidikmisi program pemerintah pusat setiap tahunnya untuk calon mahasiswa tidak mampu yang lulus seleksi di perguruan tinggi negeri.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi atas bantuan yang diberikan alumni terbaik kebanggaan ULM yang kini memimpin HIPMI," tuturnya.

Sutarto menambahkan, kehadiran sosok inspiratif seperti Mardani sangat dibutuhkan mahasiswa untuk bisa meraih pencapaian serupa kelak di kemudian hari.

Mardani hadir di acara HIPMI Goes To Campus di ULM. Selain berbagi pengalaman dan memberikan motivasi untuk jadi pengusaha, sepuluh mahasiswa dengan proposal bisnis terbaik dibantu Rp 10 juta untuk membuka usaha.

Sebelumnya Mardani H Maming juga membantu pembangunan gedung "Teaching Industry" tablet "Effervescent Pasak Bumi Borneo" yang berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) ULM di Banjarbaru. Melalui Yayasan Haji Maming 69, Mardani menyumbang Rp 900 juta untuk pembangunan awal gedungnya yang kini telah rampung.

Kemudian ada bantuan Rp 4,8 miliar untuk beasiswa 21 mahasiswa angkatan pertama Program Doktor (S3) Ilmu Sosial yang diresmikan Universitas Lambung Mangkurat pada Januari 2018 lalu, hasil kerjasama dengan Universitas Airlangga Surabaya.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019