DPRD Kabupaten Balangan melakukan renovasi pada gedung A, dengan dana sekitar Rp195.150.000. Sementara keterbatasan anggaran menjadi kendala untuk perbaikan gedung tersebut.

Sekwan DPRD Balangan, Sutikno menerangkan, dalam tahun ini dana yang ada baru mampu merenovasi beberapa bagian. Sedangkan apabila perbaikan total, diperlukan anggaran hampir Rp4 sampai Rp5 miliar.

"Karena tidak bisa dilakukan dalam tempo cepat, sehingga perbaikan pun masih belum optimal. Meski, untuk tahun depan bisa saja nilai rupiah renovasi gedung tersebut dianggarkan," tuturnya.

Diterangkan, hal paling urgent pada bangunan itu ialah bagian atap.saat hujan, maka air pun tembus, karena atapnya yang bocor. Belum lagi bangunan tersebut memang tidak pernah direnovasi sejak empat tahun lalu.

"Jadi kalau hujan itu, atapnya bocor. Selain itu dikhawatirkan aset-aset dan alat kelengkapan dewan lainnya akan rusak," ucap Sutikno.

Perbaikan utama yang dilakukan adalah penanganan atap dan plafon. Sehingga memasuki musim hujan ini, gedung pun kembali bisa digunakan.

Selain itu, aktivitas tukang juga tampak cekatan. Mereka telah menurunkan atap bangunan dan mulai menggantinya.

Renovasi yang dilakukan pada waktu cepat ini jelasnya sebagai upaya agar kerusakan tidak bertambah. Karena apabila dibiarkan, alat kelengkapan dewan pun menjadi terdampak. Belum lagi nilai yang bisa dikatakan juga terhitung tinggi.

Sementara ini ujar Sutikno, segala perlengkapan di gedung A dipindahkan ke gudang. Adapun ruang kerja para anggota dewan menggunakan gedung B dan Gedung C.

Selain sekadar perbaikan, estetika untuk bangunan yang direnovasi pun jelas Sutikno bakal diperhatikan. Sehingga ke depan, gedung DPRD Balangan memiliki ikon tersendiri dan menjadi menarik saat dijadikan latar belakang foto.

Diharapkan Sutikno pula, apabila gedung telah direnovasi total, maka akan memberikan daya tarik untuk dilihat.

"Saat ini renovasi kecil-kecilan dulu. Mudah-mudahan tahun 2020 sudah bisa mengganti dinding gedung utama," ucapnya.

Tak hanya sekadar renovasi gedung, saat ini pengerjaan yang dilakukan juga pemasangan paving block. Hal itu ujar Sutikno agar halaman Kantor DPRD Balangan terlihat lebih bagus. Tak kalah penting sebutnya ialah perbaikan taman. Sehingga menghadirkan kesan sejuk dan menyegarkan.

 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019