Partai Gerindra Kota Banjarmasin mulai membuka penjaringan untuk bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilkada 2020.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Banjarmasin H Muhammad Yamin di Banjarmasin, Senin, mengatakan partainya melakukan penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota dengan sistem menerima pendaftaran hingga 15 November 2019.

"Kami tunggu di kantor DPC Partai Gerindra Banjarmasin siapa saja yang ingin mendaftar diri untuk diusung," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin ini.

Yamin menegaskan, untuk para calon harus datang sendiri mengambil formulir pendaftaran, tidak diwakilkan.

"Kami harap mereka memperkenalkan diri saat mengambil formulir dan menyerahkannya," ujar Yamin.

Menurut dia, partainya membuka seluas-luasnya bagi masyarakat umum yang memiliki kompetensi untuk diusung pada Pilkada 2020 dengan syarat memenuhi ketentuan partai.
Baca juga: PKS Banjarmasin buka penjaringan bakal calon wali kota

"Kami akan melakukan seleksi ketat agar calon yang diusung nantinya bisa memenangi Pilkada 2020," katanya.

Meski membuka secara umum, kata Yamin, partainya yang memiliki enam kursi dewan tetap mendorong kader untuk berani maju pada Pilkada 2020.

"Ketua DPD Gerindra Kalsel memang berharap kader Gerindra bisa maju di Pilwali Banjarmasin. Untuk kader memang ada yang menginginkan dari Gerindra, bahkan kami di DPC pun berharap harus kader Gerindra yang bisa menyerap aspirasi masyarakat Kota Banjarmasin," kata Yamin.

Yamin menjelaskan, hasil dari rapat pimpinan daerah disampaikan Ketua DPD Gerindra Kalsel H Zainal Abidin, bahwa Gerindra harus mengambil peranan di Pilkada 2020 untuk mengusung calon wali kota.

"Memang kami diharapkan bisa mengusung calon wali kota, tetapi ini akan dilihat dari perkembangan politik dulu seperti apa. Nantinya keputusan ada pada ketua DPD, apakah Gerindra mengusung calon wali Kota atau hanya wakil. Sementara komunikasi dengan parpol lain terjalin baik," katanya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019