Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mulai melakukan penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilkada 2020 sejak 26 Oktober 2019 hingga waktu yang belum ditentukan.

PKB Banjarmasin melakukan penjaringan dengan membuka pendaftaran secara umum, di kantor DPC PKB Banjarmasin, Jalan Gunung Sari, Banjarmasin Barat, sejak 26 Oktober 2019.

Baru dibuka penjaringan, dua kader PKB langsung mengambil formulir pendaftaran untuk menjadi bakal valon wali kota dan wakil wali Kota Banjarmasin periode 2021--2026, yakni, Syied Alwi Al-Nafis dan Rahman Nanang Riduan yang merupakan anggota DPRD Kota Banjarmasin.

"Memang ketua umum partai kami mengutamakan kader yang maju di pilkada ini untuk diusung," ujar Ketua DPC PKB Kota Banjarmasin Hilyah Aulia, di Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: Ida Fauziah, santriwati yang didaulat urusi ketenagakerjaan

Menurut dia, ada beberapa kader termasuk pihaknya yang menjadi anggota DPRD Kota Banjarmasin siap untuk maju pada Pilkada 2020 ini, sesuai instruksi partai.

"Jadi semua keputusan ada pada partai dalam hal ini ketua umum yang memutuskan," ujarnya.

Hilyah mengatakan, pihaknya tetap memberikan peluang bagi kader partai lain dan tokoh profisional yang ingin melamar di partainya untuk maju pada Pilkada 2020.

Sebagai partai yang memiliki lima kursi di dewan kota, ujar Hilyah, PKB akan melakukan koalisi untuk bisa mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali, karena syarat 20 persen kursi parlemen itu sebanyak sembilan kursi.

"Kami akan jalin komunikasi dengan partai lain untuk pilkada ini," ujarnya.

Dia menambahkan, Bendahara DPC PKB Banjarmasin Zainal Hakim bahwa partainya sudah sangat siap untuk mengikuti Pilkada 2020 ini, demikian juga kader-kader PKB siap ditunjuk untuk menjadi calon kepala daerah.

Baca juga: PKB Banjarmasin cari koalisi untuk masa Pilkada 2020

"Saya dan teman-teman anggota dewan kota siap untuk ikut mendaftar menjadi balon wali kota dan wakil wali kota," katanya lagi.

Adapun kader PKB yang mengambil formulir pendaftaran hari ini mantan caleg DPRD Kalsel Syaid Alwi Al-Nafis menyatakan akan mencalonkan diri sebagai bakal calon wakil wali kota Banjarmasin.

"Selain di PKB, saya juga melamar ke Partai Demokrat, PKS dan NasDem," ujarnya lagi.

Anggota DPRD Kota Banjarmasin Rahman Nanang Riduan mengaku mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil kota di partainya karena keinginan hati untuk membangun Kota Banjarmasin.

"Intinya saya menyerahkan sepenuhnya ke partai, mau jadi calon wali kota atau wakil wali kota nantinya," ujar Nanang.

Baca juga: Lebah menjadi simbol PKB
Baca juga: PKB belum tentukan calon Sekjen

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019