Komunitas pecinta lingkungan yang tergabung dalam Forum Komunitas Hijau (FKH) Banjarmasin ikut meramaikan penanaman massal bibit penghijauan di kawasan Rumas Sakit (RS) Sultan Suriansyah, Kota Banjarmasin, Jumat,

Penanaman massal yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Drs Hamli Kursani tersebut dirangkaian dengan kegiatan penanaman serentak se Kalsel, dalam rangka Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai.


Sebanyak 10 anggota FKH Banjarmasin bersama petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin serta dari pihak rumah sakit bersama-sama menggali tanah lalu menanam satu persatu jenis tanaman pelindung di halaman rumah sakit milik Pemkot Banjarmasin itu.

Setelah melakukan penanaman bersama kemudian dilanjutkan dengan sebuah acara apel yang dipimpin Drs Hamli didampingi beberapa orang kepala SKPD Pemkot Banjarmasin.
FKH Hijaukan halaman RS Sultan Suriansyah Banjarmasin (Antaranews Kalsel/Hasan Z)

Dalam kesempatan tersebut, Hamli membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalsel, Haji Sahbirin Noor atau Paman Birin yang intinya mengajak seluruh masyarakat memelihara lingkungan dan menjaga ekosistem agar lingkungan menjadi nyaman, sejuk, dan indah, serta sumber daya alamnya terpeliahara.

Menurut Paman Birin kerusakan ekosistem selalu berdampak buruk bagi lingkungan, dan sudah dirasakan dampak kebakaran hutan sepanjang musim kemarau tahun ini, selain potnsi tanah longsor dan banjir yang selalu menjadi ancaman.

Untuk menjaga ekosistem tersebut sudah saatnya seluruh masyarakat merehabilitasi lahan, dan melakukan penanaman pohon, tambahnya.

Sementara koordinator FKH Banjarmasin Paman Anum menyebutkan FKH selalu melibatkan diri jika ada aksi yang sifatnya melestarikan lingkungan, karena bagi pandangan FKH pembangunan yang sesungguhnya bukan dilihat dari banyaknya gedung bertingkat, tetapi bagaimana lingkungan yang lestari.
FKH Hijaukan halaman RS Sultan Suriansyah Banjarmasin (Antaranews Kalsel/Hasan Z)

Lingkungan yang lestari lah yang menyebabkan hidup ini nyaman karena dengan lingkungan baik, tersedia air untuk minum, tersedianya beras untuk makan, dan tersedianya oksigen untuk bernapas.

FKH juga ingin Banjarmasin hijau, rindang, indah dan sejuk karena jika sejuk maka wajah warga Banjarmasin mudah tersenyum, coba jika gersang muka kan cemberut dan cepat tua.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019