Bupati HSS membuka secara resmi kegiatan bimbingan teknis Adipura tahap satu tahun 2019 yang diselenggarakan Dinas Lingkungan HIdup Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), bertempat di Sanggar Pramuka.

Kepala Dispera KPLH HSS MK Saputra, di Kandangan, Selasa (19/3), mengatakan Adipura merupakan penghargaan terkait sektor lingkungan binaan Kementrian Lingkungan Hidup bagi seluruh daerah di seluruh Indonesia, meliputi kebersihan wilayah, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) , serta sarana lainnya.

"Pada tahun 2018 lalu Kementrian Lingkungan Hidup telah meningkatkan standar penilaian dengan menyertakan Kebijakan Strategis Daerah atau JAKSTRADA," katanya.

Dijelaskan dia, JAKSTRADA di HSS sudah mulai mengurangi penggunaan sesuatu yang berkaitan dengan sampah plastik, mengurangi penggunaan plastik sudah dimulai dari Pemkab HSS dan diharapkan semangat pengurangan penggunaan plastik ini bisa menular ke perilaku seluruh lapisan masyarakat.

Pemkab HSS juga telah mempersiapkan TPA di lokasi baru yang nantinya akan dilengkapi dengan pengelolaan limbah medis dan ini menjadi konsistensi untuk menjaga kebersihan yang hendaknya menjadi komitmen bersama semua pihak.

Bimbingan teknis Adipura tahap satu (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati canangkan HSS bebas kantong plastik

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan meraih Adipura bukanlah tujuan utama, yang penting bagaimana bisa meningkatkan kepedulian semua pihak akan kebersihan lingkungan.

Dijelaskan dia, dengan kebersihan dan keindahan lingkungan maka yang menikmati setiap harinya adalah warga HSS sendiri, namun jika tahun 2019 ini Kabupaten HSS  kembali meraih Adipura, hal itu memang selayaknya diterima karena dengan suasana daerah yang bersih, sehat serta sejuk.

Bimbingan teknis Adipura seperti ini memang rutin dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, dalam rangka memberikan pembinaan kepada Dinas Perumahan Rakyat Lingkungan Hidup di setiap kabupaten dan kota.

"Dan lebih khusus lagi terkait dengan penilaian Adipura, ke depannya Pemkab HSS akan terus mengupayakan peningkatkan pengelolaan sampah, karena pengalaman dari tahun sebelumnya tentu akan menjadikan pembelajaran bagi kita semua untuk terus melakukan perbaikan," katanya.

Bimbingan teknis Adipura tahap satu (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: PT AGM dukung percepatan pembangunan TPA lokasi baru

Pejabat Fungsional Madya Pengendali Dampak Lingkunagan Hidup Provinsi Kalsel H.Asbiani, mengatakan sebagai salah satu kabupaten di Kalsel, HSS diyakini masih mampu untuk meraih Penghargaan Adipura, karena HSS mempunyai Ibu kota kabupaten yakni Kota Kandangan dengan lingkungan yang bersih sehat dan penuh penghijauan.

Turut berhadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, Asisten Administrasi Pemerintahan Tafrinsyah, para kepala SKPD, serta dari berbagai unsur terkait lainnya.

Bimbingan teknis Adipura tahap satu (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019