Oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Jemaah calon haji (Calhaj) Kota Banjarbaru dan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, kloter pertama yang diberangkatkan ke tanah suci melalui Embarkasi Haji Banjarmasin.

Keberangkatan pertama kloter gabungan dua daerah itu sesuai hasil qur`ah (pembagian) nomor urut kloter yang dilaksanakan Kementerian Agama Provinsi Kalsel di Hotel Roditha Banjarbaru, Kamis.

"Penentuan qur`ah kloter sesuai kesepakatan kepala kandepag seluruh kabupaten dan kota se Kalsel melalui pengundian," ujar Kakanwil Depag Kalsel Abdul Halim Haji Ahmad usai penetapan qur`ah kloter.

Ia mengatakan, kloter perdana yang berisi 320 jemaah ditambah lima petugas haji dijadwalkan berangkat dari Embarkasi Banjarmasin melalui Bandara Syamsudin Noor menuju Jedah tanggal 20 September 2013.

Menurut dia, sesuai hasil qur`ah pemberangkatan jemaah calon haji dari 13 kabupaten dan kota se Kalsel yang jumlahnya 3.025 orang termasuk petugas haji dibagi dalam 13 kloter.

"Jemaah yang diberangkatan satu kloter utuh hanya satu yakni jemaah Kabupaten Banjar yang tergabung dalam kloter 2, sedangkan kloter lain merupakan gabungan dari dua atau tiga daerah," ungkapnya.

Disebutkan, kloter gabungan yang berisi jemaah lebih dari satu daerah adalah kloter 5 yakni jemaah dari Kabupaten Kotabaru sebanyak 162 orang, Tanah Bumbu 130 orang, Banjar 23 orang dan petugas 4 orang.

"Pemberangkatan kloter perdana sesuai jadwal dilaksanakan tanggal 20 September 2013 menyusul kloter lain sesuai urutan keberangkatan yang telah ditetapkan sesuai hasil qur`ah," ujar mantan Kepala Kanwil Depag Kabupaten HSU itu.

Dikatakan, sesuai aturan yang ditetapkan, setiap jemaah sebelum diberangkatkan wajib masuk dan menginap di asrama haji Embarkasi Banjarmasin di Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru untuk melengkapi administasi dan menjalani karantina.

"Setiap jemaah wajib masuk asrama haji dan menginap satu malam sebelum diberangkatkan karena mereka harus menjalani proses administrasi, pemeriksaan kesehatan dan proses lainnya," kata dia.

Sementara itu, khusus kloter 13 atau kloter terakhir yang merupakan jemaah Kabupaten Tapin digabung dengan jemaah calon haji Provinsi Kalimantan Tengah yang berangkat melalui Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.







(T.KR-YRZ/B/H005/H005) 15-08-2013 21:08:09

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013