Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry bersama Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad menyerahkan bantuan tanggap darurat untuk para korban kebakaran di Jalan Perindustrian, Desa Bayanan, Kecamatan Daha Selatan.

Ia mengatakan, bantuan ini merupakan bantuan permulaan dan nanti setelah dilakukan verifkasi terhadap kerugian yang dialami, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS akan memberikan bantuan lagi sesuai dengan kondisi keuangan daerah.

Baca juga: Wakil Bupati HSS tinjau kondisi SMPN 1 Daha Barat pasca kebakaran

"Mudah-mudahan bantuan tersebut dapat meringankan beban sembilan kepala keluargam, dengan 34 jiwa yang menjadi korban kebakaran dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari pasca musibah," katanya, Rabu (23/10).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (BP Kesbangpol) HSS Efran, mengatakan kebakaran yang terjadi Selasa (22/10) sekira pukul 11.18 Wita siang menghanguskan sembilan rumah, dengan delapan rumah dengan kerusakan 100 persen dan satu buah 75 persen.

Dijelaskan dia, delapan rumah dengan kerusakan 100 persen antaralain, rumah keluarga Syahrin, Kanah, Muliana, Muliadi, Kartawinardi, Hambali, Ramadani, Yati, sedangkan dengan kerusakan 75 persen merupakan rumah kediaman keluarga Ideham.

Baca juga: 11 korban kebakaran Pasungkan terima bantuan

Bantuan tanggap darurat yang diserahkan berupa peralatan dapur, bahan makanan, pakaian, selimut dan kebutuhan pokok lainnya, dan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab HSS terhadap warganya yang mengalami musibah kebakaran dan bencana alam lainnya.

Adapun penyebab pasti kebakaran masih ditangani pihak yang berwenang, diduga kebakaran berasal dari konselting listrik dari salah rumah warga hingga menyebabkan sembilan unit rumah terbakar saat kebanyakan warga sedang beraktivitas.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019