Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Banjarmasin menggelar konferensi pemilihan pengurus baru untuk masa khidmat 2019 sampai 2024 di  Banjarmasin, Minggu.

Ketua PCNU Banjarmasin, Habib Ali Khaidir Al-Kaff usai dibukanya konferensi PCNU Banjarmasin tersebut oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Hermansyah, Minggu, menyatakan kembali maju untuk melanjutkan kepemimpinan masa khidmat 2019 hingga 2024 tersebut.

"Insya Allah, kalau dipercaya semua pemegang hak suara dilima penjuru Banjarmasin ini, saya bersedia kembali maju," ujar mantan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tersebut.

Dia menyatakan, akan memegang amanah sebaik-baiknya untuk kemajuan dan kebesaran NU di daerah ini kedepannya.

Menurut dia, ada angin segar dari pemerintah kota yang akan memberikan dukungan kepada NU kedepannya, salah satunya terkait pengadaan kantor NU Kota Banjarmasin.

"Tadi pak wakil wali kota dalam sambutannya mendukung NU Banjarmasin memiliki kantor sendiri, memang kita banyak memiliki aset lahan, tinggal didukung membangunnya saja lagi," jelas Habib Ali Khaidir.

Baca juga: Universitas NU Luluskan Sarjana Planologi Pertama di Kalsel

Dia berharap, pemerintah kota benar-benar memiliki kometmen untuk mendukung organisasi NU yang memiliki kader sangat banyak ini, demi kemaslahatan ummat dan daerah.

Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Hermansyah menyatakan, bahwa pemerintah kota memiliki kewajiban untuk memberikan perhatian kepada semua organisasi, termasuk NU ini yang merupakan organisasi terbesar di Indonesia.

Dari itu, dia berharap PCNU Kota Banjarmasin untuk mengajukan programnya yang bisa bersinergi dengan program pemerintah kota hingga bisa dianggarkan tahun depan, bahkan untuk pengadaan kantor NU.

"Setidaknya kalau tidak bisa dibangunkan sementara, dibantu untuk sewa gedungnya," tambah Hermansyah.

Ketua PWNU Kalsel, H Abdul Haris Makkie menyatakan, bahwa konferensi pemilihan pengurus baru ini bukan seperti pengertian sudah ditetapkan semua pengurusnya hingga tinggal disahkan saja lagi.

"Tetap melalui pemilihan, ada calon-calonnya, bisa disetujui dengan musyawarah mufakat hingga potting," ujar pria yang juga menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel tersebut.

Baca juga: Muslimat NU dilatih menjadi agen kecantikan

Dia menegaskan, PWNU Kalsel tidak ikut campur terhadap pemilihan para pengurus PCNU Kota Banjarmasin yang baru ini.

"Kita serahkan mereka memilih ketua dan pengurus baru, sebab mereka yang tahu siapa yang terbaik,"sebutnya.

Dia menyatakan, pengurus PCNU Banjarmasin harus mengetahui betul anggaran dasar dan anggaran rumah tangga hingga bisa menjalankannya dengan baik organisasi.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, H Noor Fahmi yang hadir dalam pembukaan konferensi PCNU Kota Banjarmasin tersebut mengatakan, keberadaan NU harus bisa memberikan kontribusi yang besar bagi daerah karena merupakan organisasi terbesar di Indonesia.

"Apalagi mayoritas warga di daerah Kalsel dan Banjarmasin ini warga NU," katanya.

Baca juga: Bupati minta NU Banjar solid
Baca juga: Bupati berharap NU menjadi pemersatu umat

Saat gelar Konferensi PCNU Kota Banjarmasin masa hidmat 2019--2024.(Sukarli Ant)

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019