Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin mengingatkan ancaman cuaca ekstrem yang bisa terjadi pada sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Ini peringatan dini waspada potensi hujan intensitas ringan hingga sedang dan lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang dalam beberapa hari ke depan," ujar Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin Ruth Mandasari di Banjarbaru, Kamis.

Dia mengatakan, khusus prediksi pada Jumat (11/10), wilayah-wilayah yang berpotensi cuaca ekstrem terjadi di Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan sekitarnya.

Baca juga: Sepekan 53 kali gempa getarkan Sumba

Kemudian pada tanggal 13 dan 14 Oktober, hujan deras disertai petir dan angin kencang diperkirakan melanda Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Tabalong, Tanah Bumbu, Kotabaru dan sekitarnya.

Dalam prospek cuaca mingguan hingga 15 Oktober mendatang, BMKG memprediksi kondisi umum di Kalsel berawan dan berpotensi hujan ringan.

Untuk suhu udara berkisar antara 23 sampai 36 derajat Celsius serta kelembaban udara 40 sampai 95 persen.

Adapun angin umumnya bertiup dari arah timur hingga ke barat daya dengan kecepatan berkisar 5 sampai 35 kilometer per jam.

"Potensi gelombang tinggi juga terjadi di perairan selatan Kalimantan dan perairan Kotabaru dan sekitarnya. Untuk itu, waspada bagi kapal nelayan dan tongkang," timpal Ruth Mandasari.

Meski curah hujan mulai mengguyur, namun BMKG masih mendeteksi adanya hotspot di beberapa kabupaten di Kalsel. Seperti pada Kamis pagi, terdapat 115 titik panas dan potensi kemudahan terbakar, sehingga masyarakat diharapkan tetap mewaspadai kebakaran lahan.

Baca juga: BMKG forecast drought to end between October and November
Baca juga: BMKG catat ada 239 kali gempa susulan di Ambon
Baca juga: Pengerahan relawan ACT aksi kemanusiaan nyata korban karhutla
Baca juga: 1,313 hotspots in Sumatra on Wednesday: BMKG

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019