Bupati Kotabaru H Sayed Jafar melantik 24 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2019-2025  se Kecamatan Kelumpang Hilir, Rabu (9/10).

Dalam sambutannya, H Sayed Jafar mengatakan anggota BPD merupakan salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan otonomi daerah. Fungsi politik anggota BPD sebagai kanal aspirasi dan pengawasan terhadap perdes sangatlah penting dalam menentukan kemajuan suatu desa.

Oleh karenanya kepada setiap anggota BPD tentunya kita harapkan agar senantiasa dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan inovasinya untuk menghindari persoalan hubungan yang tidak harmonis antara BPD dan pemerintah desa yang acap kali terjadi akibat kesenjangan pemahaman atas pengetahuan regulasi yang ada.

“Saya berharap kepada anggota BPD untuk segera menyesuaikan diri dan langsung bekerja agar paham betul dengan situasi, kondisi, potensi, problematika, serta aspirasi yang ada di masyarakat, selalu kedepankan budaya jujur, gotong royong, kebersamaan, dan terbuka di dalam bekerja dan melayani masyarakat,” tuturnya.

Diungkapkannya, kekuatan BPD itu terletak pada kemampuan mengawasi dan meminta keterangan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa dimana dalam hal ini BPD memiliki hak bertanya dan konfirmasi mengenai pembangunan desa terkait apa saja program yang sudah berjalan dan yang tidak dijalankan.

Oleh karena itu, lanjutnya BPD harus benar-benar bisa menjadi partner kepala desa dalam membangun desanya. BPD harus bisa menjadi pilar utama dan jembatan koordinasi kerja pemerintah desa dan masyarakat.

“Selamat kepada saudara-saudara anggota BPD periode 2019-2025. Semoga momentum ini akan menambah semangat baru dalam upaya kita membangun Kabupaten Kotabaru,”tutupnya.

Selain melantik anggota BPD, orang nomor satu di Bumi Saijaan ini juga menyerahkan bantuan lampu tenaga surya, kartu asuransi dan kartu pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan.

Serta meresmikan gedung serba guna Baanjung Desa Tarjun yang akan digunakan sebagai panggung kesenian,gedung olahraga dan perpustakaan, dibangun menggunakan dana desa tahun anggaran 2018 dan 2019.

Tampak Hadir pada acara ini, Kepala SKPD, Camat Kelumpang Hilir, Forkopimca, Kepala Desa se Kecamatan Kelumpang Hilir, serta tamu undangan dan masyarakat.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019