Oleh Yose Rizal

Martapura, (Antaranews Kalsel) - Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan melaksanakan Program Keluarga Harapan (PKH) dicontoh Pemerintah Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Bagian Humas Setdakab Banjar Rahmadin MY di Martapura, Minggu mengatakan, jajaran pejabat Pemkot Salatiga berkunjung, Jumat (19/7) untuk berbagi ilmu terkait pelaksanaan program pusat tersebut.

"Rombongan pejabat Pemkot Salatiga dipimpin Sekdako Agus Rudianto didampingi Asisten II Bidang Pembangunan dan pejabat lainnya yang disambut Wakil Bupati Banjar Fauzan Saleh didampingi pejabat pemkab," ujarnya.

Pada pertemuan itu, Sekdakot Salatiga Agus Rudianto mengatakan, pemkot setempat sudah menyusun program terencana dalam upaya mendukung Program Keluarga Harapan (PKH) dengan sasaran keluarga ekonomi kurang mampu.

"Kami berharap studi komparasi ke Kabupaten Banjar dengan sasaran mempelajari pelaksanaan PKH akan menjadi kajian ilmiah bagi Pemkot Salatiga untuk mempertajam program yang telah disusun," ucap Agus.

Menurut dia, Pemkot Salatiga telah melaksanakan pembangunan infrastruktur publik strategis pada berbagai bidang dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Dijelaskan, upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat tidak cukup hanya meningkatkan kualitas sarana publik, tetapi membidik program daerah yang nyata untuk kesejahteraan masyarakat.

"Salah satu program tersebut adalah kebijakan melalui program keluarga harapan dengan sasaran keluarga kurang mampu untuk diberikan pendidikan dan pelatihan secara khusus," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya menilai Pemkab Banjar berhasil melaksanakan program itu karena terbukti telah menerima penghargaan dari pusat sehingga keberhasilan tersebut dicontoh agar bisa diterapkan jajaran Pemkot Salatiga.

Ditambahkan, tujuan lain kedatangan rombongan adalah menghimpun informasi dan penjelasan terkait potensi-potensi daerah dan menggali upaya Pemkab Banjar dalam meningkatkan pendapatan daerah.

Wakil Bupati Fauzan Saleh menyambut gembira kedatangan rombongan pejabat Pemkot Salatiga sehingga bisa saling bertukar ilmu dan informasi dalam menjalankan program daerah maupun program pusat.

"Bagi Pemkab, kunjungan kerja ini sangat bermanfaat untuk saling memberikan informasi tentang program unggulan daerah disamping saling melengkapi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013