Kegiatan Manunggal Tuntung Pandang  ke- 27 tahun 2019, di Desa Guntung Besar, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan dilakukan pemasangan peneng program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahaan berupa peningkatan kualitas rumah swadaya, Jum’at (4/10) . 

PPK Rumah Swadaya Kementrian PUPR Yusuf Muskiono mengungkapkan,  tujuan program BSPS adalah untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan anggaran program tersebut berasal dari APBN murni. 

“Penerima bantuan yang diberikan sebesar Rp17,5 juta. Pengerjaan bangunan maupun pembelian material dilakukan sendiri oleh penerima bantuan. Kami hanya memberi uang  dalam bentuk buku tabungan," jelasnya.

Terpisah, Direktur Pakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Sri Widayati mengatakan,  Kementerian Pertanian ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang sudah diidentifikasi Kementerian Sosial yang masuk dalam kategori miskin dalam hal pendapatan. 

Dijelaskannya, masyarakat yang masuk dalam kategori miskin yang sudah diidentifikasi Kementrian Sosial itu terutama berprofesi sebagai petani yang nantinya masuk dalam Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP). 

Lebih lanjut ia menjelaskan, RTMP diberi fasilitas untuk melakukan budidaya ternak seperti, ternak ayam, namun untuk Kalimantan Selatan yang cocok adalah itik  karena sesuai dengan budaya dan dukungan ekologi. 

"Setiap RTMP diberi 50 ekor itik, kemudian bantuan pakan, obat - obatan dan kandang. Namun,  kandang sifatnya stimulasi, jadi kami memberi uang Rp500 ribu ke rekening penerima bantuan," jelasnya.

Sementara, Bupati Tanah Laut H Sukamta mengatakan, Desa Guntung Besar sangat beruntung mendapatkan bantuan  dua Kementerian yakni,  Kementrian PUPR dan Kementrian Pertanian.

“Bantuan itu berupa program Bekerja dari Kementerian Pertanian dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR,”terangnya. 

Dia mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR dan Kementerian Pertanian telah membantu Desa Guntung Besar.

“Program tersebut sangat diperlukan masyarakat, untuk itu hendaknya dilaksanakan dengan baik,”pintanya. 

Kemudian, lanjut dia, sejak dulu ikon Tanah Laut adalah peternakan, terutama peternakan sapi, dalam kaitan itu pihaknya juga akan bekerjasama dengan perusahaan pasca tambang sebagai upaya pengembangan ternak sapi.
Bupati Tanah Laut H Sukamta menerima bantuan dari dua kementerian untuk Desa Guntung Besar, Jum'at (4/10).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019