Sekretaris DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Kalimantan Selatan H Awan Subarkah mengatakan, partainya akan membuka penjaringan calon kepala daerah untuk Pilkada 2020 di Banjarmasin, meski sudah memiliki kader petahana, yakni Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina.

Awan Subarkah yang juga anggota DPRD Kota Banjarmasin tersebut di Banjarmasin, Senin, mengatakan secara formal partainya akan membuka penjaringan calon kepala daerah di semua daerah yang melaksanakan pilkada termasuk di Banjarmasin, sekitar pertengahan Oktober ini.

"Jadi partai kami melakukan proses keterbukaan dalam menentukan calon kepala daerah, itu hanya bisa ditunjukkan lewat dibukanya pendaftaran, siapa pun memiliki peluang yang sama," ujar Awan Subarkah.

Baca juga: PKS tolak rencana pemindahan ibu kota

Menurut dia, akan ada persaingan ketat dalam mendapatkan dukungan partainya untuk diusung pada Pilkada 2020.

Menurut dia, partainya memiliki Tim Pemenangan Pilkada Daerah (TPPD). Tim ini akan melakukan proses pendaftaran, fit and proper test dan pembobotan bagi semua calon kepala daerah yang mendaftar.

"Semua penilaian tingkat daerah ini akan diusulkan ke tingkat wilayah hingga ke DPP, keputusan akhir itu ada di pusat," katanya pula.

Awan Subarkah menegaskan bahwa penilaian akan dilakukan untuk calon wali kota maupun calon wakil wali kota, meski sudah ada petahana.

Baca juga: Posko pengungsian PKS rawat inap 204 korban asap

"Bisa saja yang petahana memang tinggi bobotnya dari calon lain, tergantung hasil penilaian nantinya," ujarnya lagi.

Menurut dia, semua kader didorong untuk mengikuti pendaftaran penjaringan calon kepala daerah ini, tentunya figur yang potensial.

"Partai kami akan fair dalam mengambil keputusan nantinya," kata dia pula.
Baca juga: Iklan rokok dilarang di media penyiaran

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019