Dalam rangka meningkatkan pemahaman yang lebih luas dan mendasar kepada jajaran aparatur pemerintah, Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar workshop penerapan SAKIP se Banua Enam.

Hadir sebagai nara sumber yaitu Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan I KemenPANRB, Kamaruddin, Senin (23/9) di Pendopo Bupati HST.

Ketua Panitia pelaksana, Ehwan Rijani dalam laporannya mengatakan, bahwa workshop tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar dan kesamaan persepsi mengenai penerapan SAKIP di lingkup Kabupaten HST khususnya di tataran perangkat daerah.

"Peserta yang mengikuti workshop ini berjumlah 185 orang yang terdiri dari kepala perangkat daerah, sekretaris, kepala bidang dan kasubag keuangan di setiap OPD lingkup Kabupaten HST dan yang berasal dari kabupaten tetangga, yaitu Pemkab HSS, HSU, Balangan, Tabalong dan Tapin,” terang Asisten Bidang Administrasi dan Umum ini.

Ditambahkannya lagi, selain dari KemenPANRB, narasumber dalam workshop tersebut dari Inspektorat Daerah Provinsi, Bappeda dan Biro Organisasi Provinsk Kalsel dengan membahas materi perencanaan kinerja, indikator kinerja, evaluasi kinerja, manajemen data dan pelaporan kinerja.

Sementara itu, Bupati HST HA Chairansyah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah HST, H Akhmad Tamzil mengatakan, bahwa visi HST adalah mewujudkan masyarakat yang agamis, mandiri, sejahtera dan bermartabat, dan visi ini dapat diwujudkan dengan paripurna, salah satunya bila ditopang oleh penerapan SAKIP yang baik.

"Oleh karena itu, upaya perbaikan SAKIP di HST, akan terus digalakkan oleh pemerintah daerah untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna, berhasil guna dan bertanggung jawab sebagai instrument pelaksanaan good governance," ujarnya.

Dikatakannya lagi, bahwa dirinya menyambut baik dengan dilaksanakannya workshop penerapan SAKIP tersebut, karena dapat meningkatkan pemahaman yang lebih luas dan mendasar kepada jajaran aparatur pemerintah daerah dalam rangka penerapan sakip di instansi masing-masing sehingga akan lebih baik dan berkualitas.

"Dengan dilaksanakannya workshop tersebut, diharapkan jajaran Pemkab mampu meningkatkan kualitas SAKIP agar terwujud pemerintahan yang baik dan terpercaya, akuntabilitas atau pertanggung jawaban atas hasil (outcome) dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil (result oriented govertment)," kata Tamzil.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019