Jajaran kepolisian Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan melakukan analisa dan evaluasi upaya pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang semakin meningkat intensitasnya.

Rapat koordinasi bahkan dipertajam hingga ke sektor kecamatan sebagaimana dilaksanakan di Polsek Amuntai Utara belum lama ini.

"Kita akan bentuk satuan tugas yang lebih kecil lagi di wilayah Kecamatan Amuntai Utara dan Haur Gading agar penanganan Karhutla lebih terfokus lagi ke pelosok wilayah," ujar Kanit Binmas Polsek Amuntai Utara Aipda Ferry A.P mewakili kapolsek.

Ferry mengatakan rapat koordinasi bertujuan menyamakan persepsi kembali dan perkuat komitmen pihak-pihak terkait penanganan karhutla dikecamatan, mengingat hingga saat ini Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) masih darurat kabut asap.
 
. (Eddy Abdillah)

Ia berharap terbentuknya satgas kecil bisa lebih menjangkau warga dipedesaan dalam penyuluhan dan pengawasan lahan.

Danramil Amuntai Utara Kapten Inf. Mahmud Dalli mendukung upaya Polsek membentuk satgas kecil. 

Saat ini, katanya sudah ada 5 satgas  yang berada di Kecamatan Haur Gading yang membawahi 3 kecamatan yaitu Amuntai Utara, Haur Gading dan Amuntai Selatan.

"Maka khusus untuk Amuntai Utara akan dibentuk lagi satgas-satgas kecil."katanya.

Namun demikian, kata Mahmud peran kepala desa selaku ujung tombak pemerintahan saat penting  mengajak warganya tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Pada kesempatan itu juga di data kembali alat-alat penanggulangan karhutla di wilayah Kecamatan Amuntai Utara dan  Haur Gading.

Ada tiga buah Barisan Pemadam kebakaran (BPK) didesa tayur, sungai turak dan palimbangan gusti yang masing masing memilik satu unit mesin portable dan 1 buah truck milik BPK tayur.

Juga dibentuk posko siaga tim satgas penanggulangan bencara di Polsek Amuntai Utara yang diketuai Danramil Kapten Inf. Mahmud Dalli dan wakil ketua dipegang camat amuntai utara, haur gading dan kapolsek amuntai utara.

Hadir pula pada kegiatan rakor tersebut, para sekcam, jajaran kapolsek, danramil, sejumlah kepala desa, anggota BPD, anggota satgas dan relawan.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019