Bupati Kotabaru menghadiri Pencanangan Program Peremajaan Kebun Kelapa Sawit dan Penyerahan bantuan kepada warga di desa Tanjung Sari kecamatan kelumpang barat kabupaten Kotabaru, Kamis (19/09).

Dalam laporannya, kepala Dinas perkebunan H Hardani menjelaskan bahwa Program peremajaan tanaman sawit rakyat telah dicanangkan dan dimulai oleh Presiden RI Joko widodo pada tanggal 13 Oktober 2017 di Kabupaten Musi Banyuasin provinsi Sumatera Selatan.

Tujuan program ini agar perkebunan sawit rakyat tumbuh dan berkembang sejalan dengan perkebunan yang dilaksanakan oleh pihak swasta dan tujuan utamanya adalah meremajakan sawit rakyat atau yang dikenal dengan istilah replanting.

Baca juga: Sebanyak 94 orang petani terima bantuan Rp3,6 miliar untuk peremajaan kelapa sawit

"Kegiatan pencanangan yang dilakukan bapak Bupati hari ini adalah satu-satunya di Kalimantan selatan," lanjutnya.

Adapun jumlah warga yang menerima bantuan dari program replanting tersebut sebanyak 94 orang petani dengan total dana bantuan sebesar Rp3,6 Miliyar.

Baca juga: Polda segel dua lahan kebun sawit yang terbakar

Dalam kesempatan itu, Bupati Kotabaru juga menyerahkan bantuan pupuk, herbisida dan fungisida kepada poktan Maju Makmur Desa Sukamaju Kecamatan Sampanahan.

Selain itu juga diserahkan bantuan berupa Lampu Tenaga Surya Hemat Energi kepada warga Desa Rampa Manunggul Kecamatan Sampanahan, bantuan mesin alat pertanian kepada poktan Ngudi Rezeki dan Makmur jaya dari Desa Siayuh, poktan Anak desa dan Insan tani sejati dari desa Tanjung sari, serta bantuan Asuransi nelayan.

Pada kesempatan tersebut tampak hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Kotabaru, Wakil ketua sementara DPRD Kotabaru, camat Kelumpang Barat beserta aparat desa se-Kelumpang barat, unsur forkopimca Kelumpang barat, kepala SKPD, serta warga Desa Tanjung Sari.

Baca juga: Minamas kenalkan sistem pelacakan TBS

Pewarta: M. Shohib

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019