Pemerintah Kota Banjarbaru mulai menyiapkan gedung khusus sebagai cikal bakal mal pelayanan publik dengan tujuan utama memberikan kemudahan pelayanan publik bagi seluruh masyarakat. 

"Gerai Pelayanan Publik Terpadu yang diresmikan ini sebagai cikal bakal mal pelayanan publik yang kami siapkan," ujar wali kota di sela peresmian gerai pelayanan publik terpadu di Banjarbaru, Kamis. 

Gerai Pelayanan Publik Terpadu (GPPT) Banjarbaru yang disiapkan Pemkot Banjarbaru, menempati gedung eks Kantor Kecamatan Landasan Ulin Jalan Jenderal Ahmad Yani km 24, Kota Banjarbaru.

Peresmian disaksikan Deputi Bidang Pelayanan Publik RI Prof Dr Diah Natalisa MBA, dan dihadiri Kapolres Banjarbaru, Badan Keuangan Daerah Kalsel, undangan lain serta Kepala SKPD, camat dan lurah.

"Peresmian gerai dalam rangka mendukung dan menyukseskan kegiatan pekan kerja nyata gerakan nasional revolusi mental tahun 2019 yang diselenggarakan di Kalsel," ucap wali kota. 

Ditekankan, operasional gerai merupakan satu langkah penting bagi pembangunan di Banjarbaru mengingat keberadaannya untuk memudahkan pelayanan publik bagi seluruh lapisan masyarakat. 

"Gerai sebagai cikal bakal mal pelayanan publik disiapkan untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat yang mengurus berbagai kepentingan mereka di kota kita," ungkap wali kota. 

Disebutkan, gerai pelayanan publik terpadu meliputi pelayanan pajak, layanan pos, perbankan, perizinan usaha sampai BPJS, dan akan terus dikembangkan lagi dengan cakupan layanan lebih banyak dan luas. 

Selain itu, gerai pelayanan ini akan terintegrasi beberapa pelayanan publik, baik pelayanan Pemerintah Kota Banjarbaru maupun pelayanan instansi vertikal yang memberikan pelayanan publik.

"Pelayanan yang diberikan untuk mempermudah masyarakat agar sekali datang, seluruh pelayanan bisa diterima sehingga mereka tidak perlu repot mengurus kesana kemari, tetapi cukup di satu tempat," ujarnya. 

Dikatakan, gerai pelayanan publik terpadu adalah inovasi pelayanan yang dirancang memberi akses lebih luas kepada masyarakat memeroleh pelayanan prima dan berkualitas serta terlayani efisien dan efektif.

Deputi Bidang pelayanan Publik RI Prof Dr  Diah Natalisa MBA mengatakan senang dan bangga menyaksikan peresmian gerai pelayanan publik pertama di Kalsel yang dibuka Pemkot Banjarbaru. 

"Kami sangat senang jika daerah di Indonesia berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat termasuk inovasi yang diluncurkan Pemkot Banjarbaru," katanya. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019