Kodim 1003 Kandangan bekerjasama dengan BPBD dan Dinas Pertanian HSS mengadakan kegiatan Inovasi teknologi tepat guna, mencegah masyarakat membakar lahan dan salah satu solusi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), berupa pelatihan modifikasi alat mesin pertanian jenis handtraktor rotary.

Dandim Kandangan Letkol Infanteri Suhardi Aji Sriwijayanto, di Kandangan, Rabu (11/9), mengatakan pelatihan modifikasi alat mesin pertanian jenis handtraktor rotary dengan merk Quick, yang dilaksanakan di Desa Tinggiran, Kecamatan Kandangan.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya dilaksanakan, karena sebelumnya kegiatan ini pernah dilaksanakan di Kecamatan Telaga Langsat dan di Kecamatan Kalumpang," katanya.

Baca juga: Tim Ahli BNPB Pusat ajak Satgas Karhutla bantu proses pemadaman

Dijelaskan dia, dalam kegiatan inovasi teknologi ini disamping di berikan materi modifikasi Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Handtraktor Rotary, juga langsung melaksanakan praktek penggunaan alatnya di area lahan vegetasi ringan.

Pada kegiatan tahap yang ketiga ini menjadi istimewa karena pada saat praktek lapangan langsung dihadiri oleh staf Ahli BNPB Pusat Mayjen TNI ( Purn ) Amrin dan Marsda ( Purn ) Bonar beserta rombongan.

Dan berkenan untuk uji coba handtraktor rotary untuk meminimalisir pembakaran lahan persawahan, bertempat di daerah persawahan Tinggiran, Kecamatan Kandangan Kabupaten HSS,

"Handtractor Rotary ini berfungsi untuk memudahkan dalam membersihkan jerami dan rerumputan yang ada di lahan persawahan, sehingga para petani tidak perlu membakar lahan sawahnya lagi untuk membersihkan sawahnya, menjadikan sisa-sisa jerami dan rumput tertimbun tanah, sehingga dapat menjadi pupuk organik," katanya.

Baca juga: Video : Kodim Kandangan gelar bakti sosial HUT Kodam VI Mulawarman

Staf Ahli BNPB Mayjen TNI (Purn) Amrin, mengatakan dengan adanya inovasi modifikasi alat ini merupakan salah satu terobosan kreatif, untuk solusi dan cara cerdas bagi para petani untuk membersihkan lahannya, sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran lahan.

Serta, untuk mengurangi biaya produksi sehingga penghasilan petani bisa meningkat dan secara tidak langsung kesejahteraan petani dan masyarakat bisa lebih baik ke depannya.

Dalam gelar kegiatan Modifikasi dan apilkasi atau praktek lapangan yang dilaksanakan ini salah satu anggota Kodim 1003 Kandangan, anggota BPBD dan dari Dinas Pertanian HSS yang menjadi moderator dan memberi contoh dalam modifikasi dan mempratekkannya dalam kegiatan ini.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019