Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, H Ibnu Sina memastikan bahwa korban musibah kebakaran di wilayah Alalak Selatan, Banjarmasin Utara, Selasa dini hari yang menghanguskan sekitar 65 rumah warga, mendapat bantuan.

Bantuan yang pasti akan dikeluarkan Pemkot secepatnya bagi korban kebakaran tersebut berupa biaya sekitar Rp2 juta per unit rumahnya.

"Ini bantuan biasa yang diberikan Pemkot setiap ada musibah kebakaran," ujarnya saat meninjau lokasi kebakaran tersebut, Selasa sore.

Menurut dia, bantuan yang bersifat tanggap darurat pun sudah mulai dilakukan pemerintah kota melalui dinas sosial yang mengkoordinirnya.

"Menang kejadian ini di luar prediksi, sehingga kita berupaya semaksimal mungkin memberi bantuan agar beban hidup para korban dapat diringankan," ujar Ibnu Sina.

Pihaknya pun sampai saat ini mengkaji kejadian ini apakah masuk katagori bencana, sehingga dana APBD bisa maksimal membantu para korban.

Karena, kata dia, yang memang sangat dibutuhkan para korban tidak hanya makanan, tapi tempat berteduh.

"Makanya dana bantuan dari bidang Kesra yang tadi Rp2 juta per unit rumah tertimpa musibah kebakaran tersebut ada rencana digunakan untuk membeli bahan bangunan," paparnya.

Baca juga: Bantuan untuk korban kebakaran Alalak Selatan Banjarmasin terus mengalir

Dia menyatakan, warga yang tertimpa musibah ini bisa direlokasi sementara ke Rusunawa, sehingga mereka bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak.

"Menang kalau kita buat bangunan disini dengan dana APBD tidak mungkin, karena lahan milik warga," terangnya.

Dia berharap, semua korban bisa mendapatkan kesabaran, dimana pemerintah kota akan terus berupaya untuk membantu kesusahan mereka.

"Kita harapkan pada saat kemarau ini semua warga waspada, sebab musibah kebakaran mudah terjadi dengan sebab-sebab sepele," paparnya.

Sejauh ini, kata dia, selain yang besar terjadi kebakaran di Alalak Selatan yang membuat 70 KK atau 221 jiwa kehilangan tempat tinggal di RT5 dan RT4 ini, sepuluh kejadian serupa juga terjadi dalam sebulan ini.

"Jadi kita menang semua harus waspada, jangan sampai lagi terjadi hal demikian," pungkasnya.

Baca juga: Kebakaran, dua RT di Alalak Selatan Banjarmasin hanguskan 65 rumah


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019