Sehari pascakebakaran besar di pemukiman padat penduduk di  Alalak Selatan Kota Banjarmasin, menghanguskan  65 rumah warga, bantuan terus mengalir kepada para korban.

Salah satunya anggota DPRD Kota Banjarmasin M Taufik yang membawa paket sembako untuk membantu para korban kebakaran Alalak Selatan yang mengalami musibah, Selasa (10/9) dinihari.

"Karena mereka ini warga saya, jadi saya ingin membantu, meski tidak terlalu besar, moga dapat sedikit meringankan beban para korban yang tertimpa musibah," ujarnya saat mengunjungi lokasi kebakaran tersebut, Rabu.

Menurut politisi PDIP ini, bantuan yang dibawanya bertujuan untuk kemanusiaan, apalagi daerah tersebut masuk daerah yang membuatnya sukses kembali jadi wakil rakyat pada Pemilu 2019.

"Ini yang kesekian kali saya berkunjung ke lokasi kebakaran ini, sebab di sini banyak teman saya, mereka butuh bantuan untuk bertahan hidup bagi keluarganya, sebab harta benda mereka habis terbakar," ucap M Taufik.
Kondisi puing-puing Kebakaran di Alalak Selatan.(Sukarli Ant)

Menurut dia, harus ada langkah cepat dari pemerintah untuk membantu para korban kembali memiliki tempat tinggal, sebab kondisi para korban saat ini memperihatinkan harus ngungsi ke sana kemari.

"Kita sangat prihatin, banyak sekali kebakaran pemukiman di daerah kita ini, bahkan wilayah Alalak ini sudah tiga kali kejadian besar yang menghanguskan puluhan rumah warga," ujarnya.

Di mana kejadian terbesar, ucap M Taufik, memang di RT04 dan RT 05 Alalak Selatan ini, sebab mengakibatkan 221 jiwa kehilangan tempat tinggal dan harta benda.

"Jadi dalam satu bulan ini Alalak tiga kali dilanda kebakaran hebat, ini jadi duka kita bersama, karenanya kita harus saling bantu, baik harta dan benda, maupun motivasi bagi korban untuk terus bersabar," ujarnya.

Sejauh ini, dia mengapresiasi langkah cepat pemerintah kota untuk membantu para korban, salah satunya sudah mendirikan dapur umum.

"Saya dengar juga bantuan terus mengalir dari pada pendarma, macam-macam rupa bantuannya, moga musibah ini terus mempererat kesatuan dan persatuan kita sesama anak bangsa," ujarnya.

M Taufik juga berpesan, agar semua masyarakat tetap waspada terhadap musim kemarau ini, khususnya tidak lengah saat menggunakan alat-alat yang bisa memicu kebakaran.

"Moga tidak ada lagi kejadian seperti ini, sebab ini duka kita bersama," pungkasnya.

Baca juga: Wali kota harapkan kebakaran tak terulang lagi
Baca juga: Kebakaran, dua RT di Alalak Selatan Banjarmasin hanguskan 65 rumah

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019