Berbagilah dari hal-hal kecil. Itulah semangat yang digaungkan Subdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Selatan dengan menggelar "Jumat Berkah" bagi-bagi kue untuk pemohon penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang ada di Mapolda Kalsel.

"Alhamdulilah berbagi kue ini selalu disambut senyum masyarakat. Hal kecil yang dapat membangun rasa kebersamaan antara petugas dan pemohon BPKB yang kami layani," ucap Kasubdit Regident Ditlantas Polda Kalsel AKBP Afri Darmawan.

Menurut Afri, berbagi tidak selalu mengenai hal materi yang berskala besar. Cukup hal yang kecil dan mudah, bahkan sebuah senyuman sekali pun, jika orang lain merasa jadi bahagia dengan yang diberikan merupakan berkah dan jadi pahala.

Untuk itulah, dia menekankan kepada anggota dalam memberikan pelayanan penerbitan dokumen kendaraan bermotor tersebut agar selalu tersenyum dan menyapa masyarakat dengan ramah.

"Saya selalu ingatkan anggota menampilkan sosok anggota Polri yang humanis penuh sopan santun dan keramahtamahan, karena itu modal utama kita dalam memberikan pelayanan agar masyarakat merasa nyaman," tutur Afri.


Beragam inovasi juga dilakukan Subdit Regident Polda Kalsel. Seperti ruang bermain untuk anak dan ruang khusus ibu menyusui serta ruang pelayanan disabilitas dengan tersedianya kursi roda.

Sejumlah Polwan pemandu pelayanan juga sigap memberikan penjelasan sebagai wadah bertanya masyarakat.

"Terwujudnya pelayanan yang mudah, tepat waktu, aman dan transparan jadi tujuan kami. Untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat, kami melakukan survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) setiap bulannya sebagai bahan evaluasi," pungkas Afri.


Ditlantas Polda Kalimantan Selatan di bawah kepemimpinan Kombes Pol Muji Ediyanto memang menargetkan beragam pelayanan dalam penerbitan dokumen kendaraan bermotor dapat mewujudkan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), meningkat dari saat ini dengan status Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Apalagi Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan mengapresiasi kinerja Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan dalam pelayanan publik di bidang Registrasi dan identifikasi (Regident) kendaraan bermotor yang minim komplain dari masyarakat.

Muhammad Firhansyah SH selaku Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan Ombudsman Kalsel menuturkan, Polantas di daerah ini sudah membuktikan kinerjanya semakin baik dengan segala inovasinya. Diakui dia juga, Polri saat ini jadi instansi dengan respon tinggi secara nasional.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019