Bupati Kotabaru Sayed Jafar kembali menyerahkan bantuan lampu tenaga surya dalam kunjungan kerjanya ke Kecamatan Kelumpang Hulu, Jumat.

Sebanyak 155 unit lampu tenaga surya itu diserahkan untuk masyarakat di dua desa, yakni Desa Bangkalaan Melayu dan Desa Bangkalaan Dayak.

"Kalau alat ini nanti sudah dipasang, tolong agar dipelihara dengan baik," ujar Bupati.
Baca juga: Ratusan rumah di pelosok Kotabaru dibantu lampu tenaga surya

Adapun tujuan dari bantuan ini untuk membantu warga kurang mampu di daerah yang belum bisa dialiri listrik dari PLN.

Penyerahan bantuan lampu tenaga surya ini dihadiri sejumlah kepala SKPD, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, serta kepala desa se-Kecamatan Kelumpang Hulu. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada sepuluh orang perwakilan warga dari kedua desa.

Sementara itu, warga sangat berterima kasih dengan adanya bantuan lampu tenaga surya ini. "Semoga pemerintah daerah bisa melaksanakan program-program lanjutan khususnya dalam hal penerangan listrik,” kata Ali, salah seorang warga Desa Bangkalaan Dayak.

Dalam kunjungan kerja ini Bupati Sayed Jafar juga menyerahkan bantuan lainnya, yakni dua buah alat perontok padi. Masing-masing kepada Kelompok Tani Diang Hirak dan Kelompok Tani Tandui Desa Sungai Kupang.
Baca juga: Kementerian ESDM bantu listrik tenaga surya bagi warga Meratus
Sebelumnya bantuan lampu tenaga surya ini diusulkan Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Kabupaten Kotabaru ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Dari usulan sebanyak 2.765 unit, yang disetujui 2.600 unit untuk disalurkan ke 23 desa di 13 kecamatan, antara lain Hampang, Sungai Durian, Pamukan Selatan, dan Pulau Sembilan.

Adapun kriteria penerima bantuan ini untuk warga tidak mampu di desa-desa yang belum terjangkau jaringan listrik PLN lantaran wilayahnya terpencil dan aksesnya sulit.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019