Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan,  melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Workshop Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) bagi SKPD Tahun Anggaran (TA) 2020 di Aula Mufakat Pemkab Batola, Senin (26/8).


Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor tersebut berlangsung selama tiga hari, sejak Senin hingga Rabu (26 sampai 28 Agustus) 2019.

“Kegiatan  ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk komitmen dan kerja nyata dalam upaya terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan dan pembangunan di Batola,”ujar Wabup H Rahmadian Noor.

Di hadapan Kepala BPKAD Batola Samson dan seluruh peserta, Wabup Rahmadian Noor mengutarakan, tanggal 22 Juli 2019 kesepakatan KUA dan PPAS TA 2020 serta dilakukan penandatanganan KUPA dan PPAS Perubahan TA 2019.

Terhadap KUPA dan PPAS Perubahan TA 2019, sebut dia, telah ditindaklanjuti penyampaian RAPBD Perubahan tanggal 26 Juli 2019 dan telah disepakati bersama antara DPRD dan Kepala Daerah pada 5 Agustus 2019 dan saat ini masih menunggu SK Gubernur Kalsel terkait hasil evaluasi atas Raperda Perubahan APBD TA 2019.

Dengan telah disepakatinya KUA dan PPAS TA 2020, menurut wabup, maka tahap selanjutnya dalam penyusunan RAPBD TA 2020 adalah penyusunan RKA SKPD TA 2020 sebagai penjabaran lebih lanjut atas KUA PPAS yang disepakati ke dalam uraian yang lebih terperinci dan terarah baik dari indikator maupun struktur belanja.

Oleh karena itu, lanjutnya, melalui BPKAD selaku pelaksana kegiatan para peserta diberikan bimtek dan workshop agar memperoleh kesamaan pemahaman dalam penyusunan RKA SKPD yang transparan dan akuntabel.

Dari RKA tersebut, jelas dia, telah tergambar maksud dan tujuan dilaksanakannya suatu kegiatan yang dapat dinilai dan terukur sesuai beban anggaran untuk memperoleh sasaran yang ingin dicapai, dan telah jelas output maupun outcome, target grup maupun lokasinya, serta dapat dilihat sejauh mana kegiatan yang dilakukan dapat mendukung program atau visi misi pemerintah daerah “Batola Setara”.

Selain itu, untuk memenuhi tuntutan KPK, yakni pengintegrasian e-Planning dan e-Budgeting dalam proses penyusunan APBD, papar wabup, Pemkab Batola telah melakukan kerjasama dengan BPKP Pusat melalui BPKP Perwakilan Kalsel untuk menerapkan aplikasi Simda Perencanaan (Simren) terintegrasi dalam proses penyusunan rancangan APBD Batola TA 2020.

“Memang ini tidak mudah, karena aplikasinya masih baru. Mungkin akan terdapat kendala-kendala dalam penerapannya, namun saya yakin dengan semangat dan tekad yang kuat, penerapan aplikasi ini dapat kita laksanakan sesuai target dan harapan,” ucap wabup.
 
Wabup Batola H Rahmadian Noor membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Workshop Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) bagi SKPD Tahun Anggaran (TA) 2020, di Aula Mufakat Pemkab Batola, Senin (26/8).(Antaranews Kalsel/Foto Humas)

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019