Oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan siap melebarkan Jalan Trikora di Kota Banjarbaru untuk mendukung akses jalan ke pusat perkantoran pemerintah provinsi yang ada di kota itu.

"Kami siap mengalokasikan dana pembebasan lahan untuk melebarkan Jalan Trikora sehingga akses jalan menuju pusat perkantoran Pemprov Kalsel semakin luas," ujar Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan di Banjarbaru, Kamis.

Ia mengatakan, pelebaran Jalan Trikora yang lebarnya sudah 30 meter direncanakan ditambah masing-masing lima meter di kiri dan kanan jalan sehingga luasnya menjadi 40 meter dan merupakan luas ideal jalan nasional.

Menurut dia, pihaknya secara lisan sudah meminta Pemkot Banjarbaru menginventarisir tanah milik warga di sepanjang ruas Jalan Trikora yang akan dilebarkan sehingga tidak muncul masalah jika pelebaran dilaksanakan.

"Pelebaran harus mendapat dukungan warga karena jalan dibagi dua jalur ditambah fasilitas pendukung lain seperti tratoar, drainase, jalur sepeda, pohon pelindung dan tiga lajur jalan," ungkapnya.

Direncanakan, pelebaran jalan dilakukan bertahap mulai pertigaan Jalan Mistar Cokrokusumo Kelurahan Sungai Besar hingga bundaran Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin kurang lebih sepanjang sepuluh kilometer.

"Pelebaran dilakukan bertahap dari total panjang ruas Jalan Trikora sepanjang 17 kilometer dan diharapkan inventarisir tahap pertama segera selesai sehingga alokasi dana bisa disiapkan pada APBD Perubahan," ungkapnya.

Ditekankan, dukungan dana pembebasan Jalan Trikora dari Pemprov Kalsel itu jangan diartikan daerah lain di Kalsel sebagai sikap pilih kasih tetapi merupakan kebutuhan untuk mendukung akses jalan menuju perkantoran.

"Intinya, dukungan dana pembebasan dari Pemprov untuk mendukung akses jalan menuju pusat perkantoran dan dampaknya kawasan bagian selatan Banjarbaru bisa semakin cepat perkembangan dan kemajuannya," kata dia.



Disisi lain, kata dia, sepanjang ruas Jalan Trikora sudah diserahkan Pemkot Banjarbaru ke Pemprov Kalsel sehingga kewenangan mengelola jalan yang membentang dari timur ke barat berada di tangan Pemprov.

"Harapan kami, pemilik tanah sepanjang ruas jalan yang akan dibebaskan mendukung rencana pelebaran karena dampaknya sangat besar bagi perkembangan dan kemajuan kawasan bagian selatan Banjarbaru," katanya.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013