Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta meresmikan Rumah Data Kependudukan (Rumah Dataku) di Kampung Keluarga Berencana (KB) Desa Telaga, Kecamatan Pelaihari, Kamis (22/8).

Kepala Bidang KSPK BKKBN Provinsi Kalsel Mila Rahmawati dalam sambutannya mengatakan, Rumah Dataku berfungsi sebagai pusat data yang mencakup sistem pengelolaan data kependudukan bersumber dari rakyat dan untuk rakyat.

"Dengan data tersebut kita bisa melakukan intervensi pembangunan di bidang KB guna meningkatkan kesejahteraan rakyat,"ujarnya.

Sementara, Bupati Tanah Laut H Sukamta  mengatakan,  keberadaan data terintegrasi yang ada di Rumah Dataku bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk perencanaan penggunaan APBDes.
 
"Nanti dengan data terpadu ini, maka  dari desa bisa melihat berapa jumlah anak-anak yang ada dan dari data itu bisa digunakan dana desa untuk sarana pendidikan anak-anak,"tandasnya.

Baca juga: ASN-PTT ikuti Diklat pengelolaan sampah perkantoran
Baca juga: Bupati serahkan bantuan korban kebakaran Gang Hijrah
Baca juga: PT STP serahkan lahan 254 hektare

Sukamta juga menekankan,  program KB bukan hanya soal setiap keluarga hanya memiliki dua anak, program KB juga membantu masyarakat memiliki keluarga yang mapan dan sejahtera baik dari ekonomi, sosial dan budaya.

Dalam peresmian Rumah Dataku tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Peremupuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Tanah Laut Wiyanto, Ketua TP PKK Tanah Laut Hj Nurul Hikmah Sukamta, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tanah Laut Yati Oktoviana Abdi Rahman serta para Kader KB Desa Telaga.
Bupati Tanah Laut H Sukamta meresmikan Rumah Data Kependudukan (Rumah Dataku) di Kampung Keluarga Berencana (KB) Desa Telaga, Kecamatan Pelaihari, Kamis (22/8).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019