Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mendoakan Kabupaten Banjar semakin bersinar bukan hanya di bumi Kalimantan dan Indonesia tetapi juga menyinari dunia dengan segala kelebihannya. 

"Saya dan kita semua mendoakan Kabupaten Banjar benar-benar jadi kota intan yang bersinar memberi cahaya bukan hanya bagi Kalimantan dan Indonesia tetapi juga bagi dunia," ujarnya di Martapura, Kamis. 

Pernyataan tersebut disampaikan gubernur pada puncak peringatan Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Banjar Jalan Ahmad Yani km 40 Martapura. 

Selain mendoakan kebaikan bagi Kabupaten Banjar, gubernur juga mengapresiasi pembangunan yang berhasil diwujudkan  Bupati Banjar Khalilurrahman dan Wabup Saidi Mansyur selama 3,5 tahun. 

Baca juga: Sukses meraih berbagai penghargaan

"Kami berharap pembangunan yang tercapai semakin ditingkatkan agar masyarakat merasakan dampak pembangunan secara merata," ujar gubernur di depan undangan dan hadirin pada kegiatan itu. 

Disebutkan, keberhasilan yang dicapai mulai peningkatan sumber daya manusia hingga pembangunan bidang kesehatan dan infrastruktur yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten setempat.

Ia mengharapkan, sumber daya manusia Kabupaten Banjar semakin meningkat karena SDM yang baik mampu meningkatkan kreativitas masyarakat sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Jika sumber daya manusia berkualitas, maka pembangunan berjalan tanpa harus bergantung sumber daya alam. Apalagi potensi sumber daya alam, semakin menipis dan memprihatinkan," ungkapnya. 

Seiring musim kemarau, gubernur mengajak seluruh unsur masyarakat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan sehingga Kalsel bebas dari bencana kabut asap yang dampaknya sangat merugikan. 

"Mari kita jaga lingkungan agar bebas dari kebakaran hutan dan lahan. Setiap potensi yang dapat menimbulkan kebakaran harus dicegah sehingga Kalsel bebas dari kabut asap," ujarnya. 

Baca juga: Pertahankan Gelar Kindai Limpuar

Bupati Banjar Khalilurrahman mengatakan, pihaknya akan terus merealisasikan pembangunan yang dituangkan dalam visi dan misi guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah. 

"Sesuai tema peringatan Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar tahun 2019 bekerja bersama dan berinovasi maka kami akan merealisasikan program pembangunan sesuai visi dan misi dalam RPJMD," kata dia. 

Dikatakan, program pembangunan yang dilakukan Pemkab Banjar fokus pada lima pilar utama yakni religi, peningkatan sumber daya manusia, ekonomi, infrastruktur, dan tata kelola pemerintahan.

Baca juga: Robohkan jamban apung kembalikan martabat sungai

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019