Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI, Hari Anak Nasional (HAN) dan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23 Tahun 2019, di halaman Gedung MTQ.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPA) Hj Is Susilastuti, melaporkan beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian peringatan, yaitu Festival PAUD, karnaval anak mulai tingkat PAUD sampai tingkat SLTA.

"Selain itu juga, di bidang sosial diserahkan pemberian jaminan hidup kepada lanjut usia miskin, pemberian bantuan sandang, pemberian sembako dan launching program pejabat asuh lanjut usia," katanya.

Dijelaskan dia, program pejabat asuh lanjut usia merupakan kegiatan inovatif Pemkab HSS, serta sudah dilaksanakan lomba-lomba pada bidang kependudukan keluarga berencana dan ketahanan keluarga.
 

Peringatan Harganas, HAN dan HLUN 2019 di HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Bupati HSS terima Satya Lencana Pembangunan

Untuk perlindungan anak juga dilaksanakan lomba suara anak mulai tingkat SD, SLTP dan SLTA, lomba pohon harapan yang merupakan harapan dari anak-anak mulai tingkat SD sampai dengan SLTA. Dan lomba ceramah stop kekerasan terhadap anak mulai tingkat SD sampai dengan SLTA.

Bupati HSS H.Achmad Fikry, mengatakan bahwa hari ini banyak mendengar apa suara anak-anak yang ada di HSS, tentu sebagai orang tua harus menyikapi apa yang menjadi harapan anak-anak. Selain itu, Pemerintah terus berupaya memberikan ruang gerak yang leluasa bagi anak-anak untuk berkreativitas.

“Bersyukur tahun 2019, kita sudah bisa mempertahankan status kota layak anak. Dan tahun ini juga mendapat penghargaan sekolah ramah anak yakni TK Munggu Raya yang ada di Desa Hariti Kecamatan Sungai Raya yang menerapkan sekolah ramah anak, termasuk ruang bermain ramah anak Palidangan Sehati dan terbaik se Indonesia,” katanya.

Menurut dia, apa yang dilakukan pemerintah untuk memberikan sebagian hak-hak anak sudah mulai dilakukan, seperti waktu untuk berinteraksi antara anak dan orang tua.

Pemerintah daerah sudah bekerjasama dengan pemilik TV Kabel dan mendapat dukungan dari alim ulama, mematikan TV pada waktu magrib sampai selesai waktu isya dengan harapan waktu tersebut bisa digunakan untuk anak dan orang tua, bisa berkomunikasi serta bisa shalat dan makan bersama.

Dan sebaik apapun kebijakan pemerintah, kalau di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat tidak diawasi dan diterapkan maka tidak punya hasil yang maksimal.
 

Penyerahan beragama hadiah lomba (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Bupati HSS terima penghargaan Tokoh Nasional Peduli Lansia

"Paling tidak momentum Hari Anak tahun ini, mari kita jadikan penyemangat kita untuk terus memberikan ruang gerak yang lebih pada anak-anak kita untuk beraktivitas dan mengawasi anak-anak kita,” katanya.

Begitupun, agar momentum Hari Anak ini hendaknya semua pihak punya komitmen yang kuat, untuk terus mendorong anak-anak menjadi anak-anak yang bisa menjadi harapan bangsa ke depan.

Selain itu, ia juga menyampaikan usia lanjut usia juga butuh perhatian maka para lanjut usia tidak sekedar butuh kebutuhan dasar karena secara kebutuhan dasar para lanjut usia dipenuhi seperti beras, rumah, jaminan hidup.

Tetapi ada yang tidak didapatkan oleh para lanjut usia yakni kasih sayang dan tempat untuk mencurahkan isi hati, maka ia berharap pada momentum kali ini tidak sekedar memberikan bingkisan, tetapi nantinya akan dilakukan kunjungan serentak ke rumah masing-masing lanjut usia dengan membawa anak dan istri untuk memperkenalkan lanjut usia asuh.

Peringatan Harganas, HAN dan HLUN 2019 di HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Taman Palidangan Sehati raih penghargaan tingkat Nasional

Peringatan Harganas, HAN dan HLUN Tahun 2019 ini diawali dengan tarian selamat datang yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, kemudian japin carita, pembacaan suara anak Indonesia oleh forum anak.

Dilanjutkan penyerahan suara anak Indonesia kepada Bupati HSS, pemaparan pohon harapan oleh juara 1 SLTA dan SLTP, penyerahan Kartu Indentitas Anak (KIA) dan penyerahan berbagai hadiah.

Turut hadir, Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad beserta istri, Pelaksana Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel H.Ramlan, unsur Forkopimda HSS, Kepala Kementrian Agama Kabupaten HSS H Saribuddin, para kepala SKPD, Gatriwara dan para camat se Kabupaten HSS.

Peringatan Harganas, HAN dan HLUN 2019 di HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019