Sebanyak 39 orang pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi pejabat asuh Lanjut Usia (Lansia), lauching program asuh lansia ini langsung dicanangkan Bupati HSS H Achmad Fikry dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23 Tahun 2019.

Kepala Dinas Sosial HSS Hj Siti Erma, di Kandangan, Kamis (22/8), mengatakan melaunching Program Pejabat Asuh Lanjut Usia dan program asuh lanjut usia ini merupakan program inovatif yang dijalankan oleh Pemkab HSS.
Launching program pejabat asuh lansia HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Lansia di HSS mendapatkan prioritas layanan kesehatan

"Pejabat asuh Lansia merupakan tindak lanjut dari penghargaan yang diterima Bupati HSS sebagai tokoh peduli lanjut usia," katanya, dalam peringatan Hari Anak, Harganas yang juga dirangkai HLUN, bertempat di Halaman Gedung MTQ Kandangan.

Dijelaskan dia, Untuk program ini Bupati HSS mengarahkan kepada para kepala SKPD untuk memiliki minimal satu orang lanjut usia asuh, bertujuan untuk lebih dekat dengan para lanjut usia, karena para lansia tidak hanya memerlukan kebutuhan dasar tetapi juga kebutuhan untuk berbagi, bersosialisasi dan memerlukan teman bicara.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengucapkan terimakasih kepada para pejabat di lingkup Pemkab HSS yang berkenan jadi asuh lanjut usia dan ini menjadi yang pertama diterapkan di Indonesia.
 
Launching program pejabat asuh lansia HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS terima penghargaan Tokoh Nasional Peduli Lansia

Menurut dia, asuh lansia agar dijadikan ladang amal untuk berbagi kasih sayang kepada orang yang membutuhkan, serta mengarahkan agar Dinas Sosial HSS bisa berkoordiansi dengan Dinas Kesehatan HSS untuk melanjutkan program kunjung para lanjut usia oleh pertugas kesehatan.

“Mudahan momentum Hari Anak, Harganas yang juga dirangkai HLUN pada tahun ini menjadi penyemangat untuk bisa berbagi kepada yang membutuhkan,” katanya.
 
Launching program pejabat asuh lansia HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019